PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA DAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU

Iskandar Iskandar, Titik Haryati, Rosalina BR Ginting

Abstract


Permasalahan dalam penulisan ini adalah (1) apakah ada pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) apakah ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) apakah ada pengaruh sarana prasarana pembelajaran terhadap kinerja guru. (4) apakah ada pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja dan sarana prasarana pembelajaran terhadap kinerja guru. Tujuan dari penulisan ini adalah (1) untuk mengetahui besarnya pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) untuk mengetahui besarnya pengaruh sarana prasarana pembelajaran terhadap kinerja guru, (4) untuk mengetahui besarnya pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja dan sarana prasarana pembelajaran terhadap kinerja guru. Populasi dalam penulisan ini adalah guru SMP Negeri di Sub Rayon 03 kabupaten Demak yang berjumlah 242 orang, diperoleh sampel sebanyak 135 orang dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja dan sarana prasarana pembelajaran terhadap kinerja guru. Untuk menganalisis data menggunakan fasilitas program SPSS for Windows Release 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 44,2 % dengan kontribusi tertinggi pada dimensi komunikasi inspirasi sebesar 50,8 % dan terendah dimensi stimulasi intelektual sebesar 13,5 %. (2) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 70,4 % dengan kontribusi tertinggi pada dimensi Intrinsik sebesar 74,9 % dan terendah dimensi ekstrinsik sebesar 35,3 %. (3) terdapat pengaruh sarana prasarana pembelajaran terhadap kinerja guru sebesar 61,4 % dengan kontribusi tertinggi pada dimensi kuantitas sarpras sebesar 67,9 % dan terendah dimensi kualitas sarpras sebesar 62,1 %. (4) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja dan sarana prasarana pembelajaran terhadap kinerja guru sebesar 73,5 % dengan kontribusi tertinggi pada variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah sebesar 55,9 % dan terendah variabel motivasi kerja sebesar 19,2 %. dengan demikian maka ada pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, motivasi kerja dan sarana prasarana pembelajaran terhadap kinerja guru SMP Negeri di Sub Rayon 03 di Kabupaten Demak.

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja dan Sarana Prasarana Pembelajaran dan Kinerja Guru


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v13i1.15735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats