MANAJEMEN PENGEMBANGAN DIRI PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI

Eko Titis Prasongko, Titik Haryati, Rosalina BR Ginting

Abstract


Pengembangan diri peserti menjadi faktor penting untuk mengembangkan bakat dan minat. Oleh sebab itu manajemen pengembangan dalam hal kegiatan ekstrakurikuler harus dilaksanakan sesuai dengan tahapa yang benar. Sehingga manajemen pengembangan diri peserta didik bisa menjadi sarana untuk meningkatkan bakat minat yang dimiliki.

Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pengembangan diri peserta didik melalui Kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Demak, 2) Bagaimana pengorganisasian pengembangan diri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Demak, 3) Bagaimana pelaksanaan pengembangan diri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Demak, 4) Bagaimana pengawasan pengembangan diri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Demak.

 Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tempat penelitian di SMP Negeri 2 Demak, dimulai dari bulan Maret 2022 sampai dengan Juni tahun 2023. Instrumen penelitian: pedoman wawancara, lembar observasi dan lembar ceklist dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik analisa data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data/data collection, kondensasi data/data condensation, data display, dan conclusion drawing/ verification.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan diri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Demak dilakukan melalui; 1) Perencanaan pengembangan diri peserta didik melalui Kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Demak meliputi lima langkah diantaranya adalah rapat koordinasi sekolah, perencanaan waktu pelaksanaan dari tiap masing masing kegiatan ekstrakurikuler, pemetaan peserta didik dan pelatih sesuai bakat dan minat, merumuskan program dan tujuan berdasarkan bakat juga minat dan perencanaan sarana dan biaya anggaran, 2) Pengorganisasian pengembangan diri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Demak meliputi aspek sumber daya manusia, program kegiatan, sarana perlengkapan, dan anggaran, 3) Pelaksanaan pengembangan diri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Demak diantaranya adalah Karate; Pramuka; Kegiatan Ilmiah Remaja; Seni Tari; Basket; Paduan suara; volley; Pencak Silat; Palang Merah Remaja, OSN Matematika, OSN IPA dan OSN IPS 4) Pengawasan pengembangan diri peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Demak dalam bentuk pengawasan internal dilakukan kepala sekolah, dan waka kurikulum.

 Kata Kunci :  Pengembangan Diri, Peserta Didik, Ekstrakulikuler


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v13i1.15937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats