PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN IKLIM KERJA TERHADAP MUTU SEKOLAH DASAR DABIN 2 BATEALIT JEPARA

Rumtini Rumtini, Sunandar Sunandar, MTh R Retnaningdyastuti

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat pengaruh profesionalisme guru terhadap mutu Sekolah Dasar?, (2) apakah terdapat pengaruh iklim kerja terhadap mutu Sekolah Dasar?, dan (3) apakah terdapat pengaruh secara bersama-sama antara profesionalisme guru dan iklim kerja terhadap mutu Sekolah Dasar di Dabin 2 Batealit Jepara?

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap mutu Sekolah Dasar, (2) untuk mengetahui pengaruh iklim kerja terhadap mutu Sekolah Dasar dan (3) untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara profesionalisme guru dan iklim kerja terhadap mutu Sekolah Dasar di Dabin 2 Batealit Jepara.

Populasi dalam penelitian ini adalah adalah guru sekolah dasar di Dabin 2 Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara dengan jumlah guru 119 guru dan Sampel sebanyak 89 guru dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket/kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi, analisis korelasi, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Untuk menganalisis data digunakan fasilitas program software SPSS versi 21.

Dari data hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata perolehan skor profesionalisme guru 119 termasuk kateori sangat baik; rata-rata perolehan skor iklim kerja 119,423 termasuk kategori baik; dan rata-rata perolehan skor mutu sekolah 108 termasuk kategori baik Hasil uji prasyarat dari data penelitian diperoleh data linier, tidak multikolinear, bebas dari heteroskedastisitas, berdistribusi normal, dan bebas dari autokorelasi. Dari uji hipotesis terdapat pengaruh signifikan profesionalisme guru terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan   Ŷ = 7,239 + 0,929X1; korelasi sebesar 0,942 dengan R square sebesar 0,887, artinya 88,7 %. Terdapat pengaruh yang sinifikan iklim kerja terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan Ŷ = 6,910 + 0,84X2; korelasi sebesar 0,919 atau R square sebesar 0,845, artinya 84,5%. Terdapat pengaruh yang sinifikan profesionalisme guru dan iklim kerja secara bersama-sama terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan Ŷ = 3,448 + 0,620X1 + 0,310X2.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v7i3.3144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats