Pelaksanaan Remote Learning Dengan Metode Virtual Field Trip (VFTs) Dalam Pendidikan Selama Social Distancing

Uus Muhamad Husni Tamyiz, Syamsu Yusuf LN

Abstract


Menanggapi penyebaran COVID-19, virus corona baru, seluruh sekolah di Indonesia telah menerapkan pembelajaran jarak jauh. Pendekatan pendidikan ini dapat mencegah siswa dari ketertinggalan pelajaran selama penutupan sekolah. Namun, beberapa sekolah tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk memberikan kesempatan belajar bagi siswa, dan tidak semua anak memiliki akses internet di rumah. Sebagai sekolah yang memiliki siswa dari tingkat ekonomi menengah ke bawah, SMP Mutiara 3 harus memiliki cara effective dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Pemanfaatan media sosial dan serta sumber daya dari internet yang dapat digunakan secara gratis merupakan langkah yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Virtual Filed Trip (VFTs) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa selama pandemi. Metode ini dilaksanakan dengan menggunakan model discovery learning. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan dua siklus diperoleh pada sikus pertama jumlah siswa yang tuntas adalah 30 siswa (46,9%). Keaktifannya siswa adalah 18,7% aktif dan 81,3% pasif. Sedangkan pada siklus kedua, jumlah siswa tuntas adalah 54 siswa (84,4%). Sedangkan keaktifan siswa adalah 78,1% aktif dan 21,9% pasif. Hal ini menunjukkan penerapan metode ini dapat menjadi solusi dalam pembelajaran jarak jauh. 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v11i1.6171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats