PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DI KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL

Komariyah Komariyah, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, Ngasbun Egar

Abstract


Permasalahan dalam penelitian  ini adalah 1) Apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap produktivitas kerja guru. 2) Apakah ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja guru. 3). Apakah ada pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja guru.

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1). Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap produktivitas kerja guru. 2). Untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja guru. 3). Untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja guru.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan kepala Taman kanak - kanak se-Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal yang berjumlah 107 yang tersebar di 31 Taman kanak-kanak di wilayah Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan jenis proporsional random sampling dari sampel sebanyak 52. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variable bebas yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah dan mottivasi berprestasi sedangkan variable terikatnya produktivitas kerja guru. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Sebelum menguji dengan analisis regresi, terlebih dulu digunakan uji prasyarat analisis data dengan menggunakan uji normalitas, homogenotas dan multikolinieritas dengan  α = 0,05 %).

Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap produktivitas kerja guru sebesar 52.20%. (2). Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap produktiviats kerja guru sebesar 54.40% (3) Ada pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap produktivitas kerja guru sebesar 62.50%. Saran yang dapat disampaikan adalah Kepala sekolah perlu mengembangkan kegiatan yang dapat mendorong pada peningkatan motivasi kerja adalah kepada sekolah mampu mendelegasikan wewenangnya kepada guru-guru sehingga guru akan berlatih bertanggungjawab dan berlatih mengambil resiko sebuah pekerjaan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v9i2.8109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats