PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR FISIKA PADA SISWA KELAS X TKRO SMK NEGERI 2 DEMAK

Sakdun Sakdun

Abstract


Minat belajar siswa rendah sehingga motivasi dan hasil belajar fisika juga rendah. Maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas metode pembelajaran koopertif model team games tournament dengan tujuan (1) Untuk mengetahui peningkatan  motivasi belajar fisika  (2) Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar   menggunakan alat-alat ukur fisika.  Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah Siswa kelas X TKRO 1 SMK Negeri 2 Demak tahun pelajaran 2019/ 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa setelah digunakan metode pembelajaran koopertif model team games tournament. Peningkatan motivasi tersebut ditunjukkan dengan perhatian siswa terhadap pelajaran, semangat siswa dalam melaksanakan kegiatan baik game ataupun kerja kelompok, dan tanggung jawab siswa dalam melaksanakan kegiatan. Sebelum digunakan metode ini 30% saja siswa yang aktif, setelah menggunakan metode ini siswa yang aktif 72% pada siklus I dan menjadi 88% pada isklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan,sebelum dilaksanakan tindakan penelitian hanya terdapat 50 % siswa  yang tuntas belajar setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 63,8% pada siklus I dan 88,9% pada siklus II. Sedangkan  dilihat dari rata-rata nilai siswa meningkat dari 50 menjadi 73 pada siklus I dan 78 pada siklus II.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v10i1.9426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang

Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]

View JMP Stats