PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR FISIKA PADA SISWA KELAS X TKRO SMK NEGERI 2 DEMAK
Sakdun Sakdun
Abstract
Minat belajar siswa rendah sehingga motivasi dan hasil belajar fisika juga rendah. Maka dilakukan Penelitian Tindakan Kelas metode pembelajaran koopertif model team games tournament dengan tujuan (1) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar fisika (2) Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar menggunakan alat-alat ukur fisika. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah Siswa kelas X TKRO 1 SMK Negeri 2 Demak tahun pelajaran 2019/ 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa setelah digunakan metode pembelajaran koopertif model team games tournament. Peningkatan motivasi tersebut ditunjukkan dengan perhatian siswa terhadap pelajaran, semangat siswa dalam melaksanakan kegiatan baik game ataupun kerja kelompok, dan tanggung jawab siswa dalam melaksanakan kegiatan. Sebelum digunakan metode ini 30% saja siswa yang aktif, setelah menggunakan metode ini siswa yang aktif 72% pada siklus I dan menjadi 88% pada isklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan,sebelum dilaksanakan tindakan penelitian hanya terdapat 50 % siswa yang tuntas belajar setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 63,8% pada siklus I dan 88,9% pada siklus II. Sedangkan dilihat dari rata-rata nilai siswa meningkat dari 50 menjadi 73 pada siklus I dan 78 pada siklus II.