PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SMP NEGERI DI WILAYAH KENDAL KABUPATEN KENDAL
Abstract
Abstrak
Kepuasan kerja guru merupakan variabel penting dalam pencapaian kualitas pendidikan. Kepala sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam mengkoordinasi, menggerakkan, dan memberdayakan sumber daya pendidikan di sekolah. Kepuasan kerja guru terbentuk melalui budaya sekolah yang merupakan nilai, prinsip, kebiasaan dan tradisi pembentuk karakter dan citra sekolah.
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh peran kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru. (2) mengetahui pengaruh budaya sekolah terhadap kepuasan kerja guru. (3) mengetahui pengaruh peran kepala sekolah dan budaya sekolah secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja guru SMP Negeri di Wilayah Kendal Kabupaten Kendal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 147 guru yang tersebar di 4 sekolah dengan sampel 92 guru yang dipilih secara proporsional random sampling. Uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas data dan uji hipotesis menggunakan program SPSS for Windows Release 21.0.
Hasil penelitian menunjukkan (1) peran kepala sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru sebesar 38,7 % sisanya sebesar 61,3% dipengaruhi variabel lain diluar peran kepala sekolah. (2) Budaya sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja guru sebesar 43,3 % sisanya sebesar 56,7% dipengaruhi variabel lain diluar budaya sekolah. (3) Peran kepala sekolah dan budaya sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja guru SMP Negeri di Wilayah Kendal Kabupaten Kendal sebesar 53,5% dengan persamaan regresi Ȳ = 31,888 + 0,238X1 + 0,332X2.
Berdasarkan temuan tersebut, maka direkomendasikan. (1) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan hendaknya melakukan pelatihan intensif bagi kepala sekolah untuk melaksanakan supervisi akademik dan pembinaan guru. (2) Kepala sekolah mengoptimalkan peran pengawasan dengan melaksanakan tindak lanjut hasil supervisi sebagai bentuk layanan bantuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran. (3) Guru meningkatkan kemampuan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran dan bekerja secara efektif dan efisien untuk meningkatkan performa guru sehingga tercapai kepuasan kerja.
Kata kunci: peran kepala sekolah, budaya sekolah, kepuasan kerja
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v11i2.9606
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) ISSN 2252-3057 (print) ISSN 2654-3508 (Online)
Gedung Pascasarjana Universitas PGRI Semarang
Jl. Lingga Raya, Dr. Cipto, Semarang
Dr. Noor Miyono, M.Si.
Phone: +6282137144335
Email: [email protected]