PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI BEKETEL 02 KABUPATEN PATI
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan model Snowball Throwing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Beketel 02 Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian one – group pretest – posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, data pembeda dan taraf kesukaran. hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model Snowball Throwing efektif terhadap hasil belajar matematika yang awalnya memiliki rata-rata nilai 61,29 yang belum menggunakan model pemelajaran Snowball Throwing, setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing nilai rata-rata siswa 79,81. Hal ini terbukti pada anlisis data dengan menggunakan uji-t. Thitung > ttabel (ada perbedaan yang signifikan atau Hoditolak), 13,161 > 2,056 (ada perbedaan yang signifikan atau Ho ditolak). Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang dicapai pada pretest denga hasil yang dicapai pada posttest.
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi, Jakarta. Kemendikbud.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hirzi, Haiban, Hirzi. Sripatmi. Hapipi. 2015. Penearapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Pembelajaran Segiempat untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa SMPN 1 Lingsar Kelas VII-1 Tahun Pelajaran 2012/2013. ( diakses 27 Desember 2015)
Januwardana, Arta. Zulaikha, Siti. Putra. 2014. Pengaruh Metode Snowball Throwing Berbantu Media Sederhana terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 1 Kuta Badung.(diakses 27 Desember 2015).
Rosdiani, Dini. 2012. Model Pembelajaran Langsung. Bandung: Alfabeta.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siregar, Eviline. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i2.10218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)