PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI KEANEKARAGAMAN MAKANAN TRADISIONAL DAERAH SETEMPAT MELALUI METODE BERMAIN PASAR-PASARAN SDN 2 NGLANGITAN KECAMATAN TUNJUNGAN TAHUN PELAJARAN

widya ningtyas

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV materi keanekaragaman makanan tradisional daerah setempat melalui metode bermain pasar-pasaran SDN 2 Nglangitan Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora.  Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Nglangitan berjumlah 14 siswa yang terdiri dari  9 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus hasil belajar menunjukkan ketuntasan dalam proses pembelajaran ada 4 anak yang tuntas dari jumlah 14 siswa atau sekitar 29% dengan nilai rata-rata 58,57. Pada siklus I setelah ditetapkan metode bermain pasar-pasaran dari jumlah 14 siswa yang tuntas 9 siswa atau 64% dengan rata-rata nilai 70. Sedangkan target ketuntasan diharapkan 80-100%. Kemudian dilanjutkan pelaksanaan tindakan siklus II, dan hasilnya dari 14 siswa tuntas14 siswa atau 100% dengan rata-rata hasil belajar 81. Oleh karena itu hasil penelitian ini menerima dan membuktikan kebenaran hipotesis yang menyatakan diduga penerapan metode bermain pasar-pasaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS kompetensi dasar Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat  sebagai identitas bangsa Indonesia bagi siswa kelas IV SDN 2 Nglangitan.


Kata Kunci: keaktifan, hasil belajar, siswa kelas IV SD



DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i2.10219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)