BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DENGAN KEPRIBADIAN PHLEGMATIC DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Moh. Syukron Maftuh, Hanim Faizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa SMP dengan kepribadian phlegmatic dalam pemecahkan masalah matematika, sehingga penelitian ini merupakan penelitian diskriptif, sedangkan data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa kata-kata atau kalimat yang dinarasikan atau berupa gambar dan tidak menekankan pada angka sehingga menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah dua siswa SMPN 48 Surabaya kelas VII yang memiliki kepribadian phlegmatic yang diperoleh dari hasil tes kepribadi, sedangkan tahapan penelitian yang digunakan peneliti terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik pemberian Tes Pemecahan Masalah Matematika (TPMM) dan wawancara kemudian untuk memperoleh data yang valid dan kredibel peneliti menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa subjek phlegmatic dalam memecahkan masalah matematika pada tahap memahami masalah, melaksanakan rencana penyelesaian dan tahap memeriksa kembali memenuhi 6 indikator yang sama yaitu focus, reason, inference, situation, clarity dan overview hanya saja pada tahap menyusun rencana penyelesaian subjek phlegmatic hanya memenuhi 5 indikator yaitu focus, reason, inference, situation, dan clarity dikarenakan pada saat menyusun rencana subjek tidak melakukan pengecekan kembali terkait strategi ataupun rumus yang akan direncanakan dalam menyelesaikan soal kira-kira sudah sesui atau belum, sehingga subjek phlegmatic pada tahap menyusun rencana penyelesaian dikatakan tidak memenuhi indikator berpikir kritis overview

Full Text:

PDF

References


Arifianti, Vita dan Ismail. 2018. Profil Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Aplilasi Turunan Fungsi Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sanguinis dan Phlegmatis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 7(3).

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.: depdiknas.

Fatmawati, Indah dan Siti Khabibah. 2019. “Profil Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian”. Jurnal ilmiah pendidikan matematika. Vol. 8(2)

Harianto, Puguh. 2020. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Pola Bilangan”. Skripsi. FKIP. Pendidikan Matematika. Universitas PGRI Adi Buana. Surabaya.

Hidayanti, Resky, Alimuddin, Andi Alim Syahri. (2020). “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender Pada Siswa Kelas Vii.1 Smp Negeri 2 Labakkang.” Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika) 12(1): 71–80.

Ismail. 2016. “Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika”. Media penelitian Pendidikan. Vol. 10 (2).

Littauer, Florence.1996. Personality Plus. Jakarta: Binarupa Aksara.

Purnamasari, Lusia Desi. 2019. “Analisis Proses Berpikir dalam Pemecahan Masalah Matematika Polya berdasarkan Tipe Kepribadian pada Sub Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Berbah Tahun ajaran 2018/2019”. Skripsi. FKIP. Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Rifqiyana. I., dkk. 2016. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII dengan Pembelajaran Model 4K ditinjau dari Gaya Belajar Kognitif Siswa”. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol. 5(1).

Saudi, La, Muhammad Saudia, dan Mustamin anggo. 2018. “Profil Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif”. Jurnaal pendidikan matematika 9(1): 92-101.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2018. Pembelajaran Matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Suryabrata, Sumadi. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i2.11190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)