PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERCERITA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran gambar bercerita pada mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar sehingga dapat mengetahui dan menganalisis karakteristik media pembelajaran gambar bercerita serta menganalisis kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran gambar bercerita pada mata pelajaran IPA kelas V Sekolah Dasar.
Metode pada penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan oleh Borg and Gall dengan menggunakan 6 langkah yaitu dari tahap penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk awal, merevisi produk utama, pengujian lapangan operasional serta penyebaran dan pelaksanaan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Cangkring sebanyak 30 siswa dan SDN 1 Pepe sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dari hasil wawancara dengan guru, siswa, ahli materi dan ahli media dan analisis kuantitatif dari hasil angket guru, siswa, ahli materi dan ahli media.
Hasil penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Bercerita Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar”. didapatkan kesimpulan bahwa karakteristik media pembelajaran gambar bercerita yang dikembangkan pada penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan oleh Bord and Gall. Desain media menggunakan kertas ukuran A3 yang didalamnya terdapat gambar beserta teks yang menjelaskan tentang materi dan terdapat beberapa soal latihan. Media pembelajaran gambar bercerita valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini karena persentase validasi ahli media dan materi rata-rata sebesar 94,2% dan 95,4%, analisis persentase angket respon siswa sebesar 100% dan analisis pesentase angket respon guru sebesar 99% sehingga media pembelajaran gambar bercerita dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam media pembelajaran. Saran peneliti dalam kegiatan ini yaitu diharapkan guru lebih kreatif dalam pengembangan media pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Gambar BerceritaFull Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ardiansyah, Reza. 2021. Pengembangan Materi Gaya Berbasis Metode Eksprimen Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sd/Mi. Bengkulu: IAIN Bengkulu Press
Asih, widi. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara
Azizah, Lilik Ma’rifatul, dkk. 2016. Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Daha, Rahmatia. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Media Dalam Pembelajaran Di Kelas IV SD Negeri Longka Kabupaten Gowa Tahun Ajaran 2020/2021. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Fadlillah, M. 2017. Buku Ajar Bermain dan Permainan. Jakarta: Kencana
Fitria, Fita. 2017. Penerapan Media Pembelajaran Google Drive dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Medan: UMN Al Washliyah.
Ibda. H. 2017. Media Pembelajaran Berbasis Wayang: CV. Pilar Nusantara.
Jufri, A. W. 2017. Belajar dan Pembelajaran Sains, Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
KBBI, 2021. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pusat, [Diakses 14 April 2022].
Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gunung Samudera
Moelong, Lexy J. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmadhani, Ari. 2021. “Pengertian dan langkah pembuatan gambar cerita untuk anak kelas 5”, https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/devi-ari-rahmadhani/pengertian-dan-langkah-pembuatan-gambar-cerita-untuk-anak-kelas-5-sd/2. Diakses pada tanggal 12 April 2022. Pukul 23.19 Wib.
Samatowa, Usman. 2016. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sesriyani, Lodya.dkk. 2021. Pengembangan Media Belajar. Banten. UMPAM Press.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Cetakan ke 12 . Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Sutarti, dkk. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: CV. Budi Utama
Sutarti dkk. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan, Yogyakarta: Budi Utama
Tafanao, Talizao. 2018. Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Yogyakarta: STT KADESI Yogyakarta.
Widhianto, Andrian. 2021. Analisis Penggunaan Media “Google Form” terhadap Efektivitas Pembelajaran di Masa Pandemi Covid- 19 Kelas III SDN 3 Gondang. Skripsi.Pacitan: STKIP PGRI Pacitan.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i1.12660
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)