Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar Gugus Husni Thamrin Kecamatan Winong Kabupaten Pati
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan penggunaan media pembelajaran tematik kelas IV di Gugus Husni Thamrin Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa kelas IV Segugus Husni Thamrin. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan pengumpulan dokumentasi. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penggunaan media pembelajaran tematik kelas IV di Gugus Husni Thamrin guru menggunakan media disesuiakan dengan tema yang dipilih yang dapat menyampaikan materi pelajaran, guru memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia sehingga dapat digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan belajar mengajar di kelas. Namun ada beberapa guru yang belum memanfaatkan media secara maksimal dikarenakan usia yang tidak muda dan kesehatan fisik jadi guru hanya memanfaatkan media papan tulis untuk menjelaskan materi pembelajaran tematik di kelas IV. Siswa lebih mudah memahami jika guru menggunakan media di kelas pada pembelajaran tematik dibandingkan guru tidak menggunakan media siswa kurang memahami materi pembelajaran tematik. Maka pelaksanaan penggunaan media pembelajaran tematik kelas IV Segugus Husni Thamrin Kecamatan Winong Kabupaten Pati berjalan dengan lancar sesuai dengan tema yang dipilih dan kebutuhan siswa dalam pembelajaran tematik di kelas IV.
Kata Kunci: Media, Pembelajaran Tematik
Full Text:
PDFReferences
Amalia, M. D., Agustini, F., & Sulianto, J. (2018). Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema Indahnya Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Paedagogia, 20(2), 185. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i2.9850
Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42
Lubis, M. A., & Azizan, N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta : Kencana.
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-
Permendikbud No 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142
Worowirastri E., D., Wahyu P.U, I., & Ika K., D. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran tematik Di Sd Muhammadiyah 9 Kota Malang. JINoP (JurnalInovasi Pembelajaran),4(1),17. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4906
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i1.12664
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)