PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN KELAS V SDN PANJUNAN KOTA CIREBON TAHUN PELAJARAN 2022/2023

amelia nike musvitasari

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan beberapa faktor, yaitu guru belum maksimal dalam mengelola kelas, penyampaian materi guru dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan tanpa melibatkan keaktifan peserta didik secara langsung.. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Efektif  Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SDN Panjunan Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning telah dilakukan dengan baik. Data hasil tes menunjukkan peningkatan hasil belajar IPA pada siklus I rata – rata nilai peserta didik adalah 61,67, siklus II menjadi 68,75 dan pada siklus III meningkat menjadi 79,58. Presentasi ketuntasan siklus I sebesar 42%, siklus II menjadi 67% dan siklus III meningkat menjadi 92%. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan Metode Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SDN Panjunan Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2022/2023.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v2i2.13422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)