Analisis Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Tlogosari Wetan 01 Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022

TIARA TRIDAYANI

Abstract


Abstrak

Salah satu indikator keberhasilan suatu pembelajaran di sekolah adalah dari hasil belajar siswa di kelas apakah ada peningkatan atau penurunan. Kurang memuaskannya hasil belajar siswa saat pembelajaran daring di SDN Tlogosari Wetan 01 Semarang dikarenakan kurang tepatnya pola asuh yang diterapkan orang tua dalam pembelajaran daring untuk anak – anaknya mereka dirumah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan orang tua saat pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa. Wawancara, angket dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi orang tua dalam pembelajaran daring di SDN Tlogosari Wetan 01 Semarang tahun pelajaran 2021/2022 yaitu latar belakang pendidikan orang tua mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam mendidik anak, tingkat ekonomi orang tua mempengaruhi proses pembelajaran secara daring terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran daring anak, kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan, jumlah anggota keluarga juga mempengaruhi orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak dalam belajar di rumah.

 

Kata Kunci: Pola Asuh Orangtua, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Cahana, Nana. 2020. Pembelajaran Daring dan Peran Ganda Orang tua.

Kompasiana.

Chalim, Saifuddin dkk. 2018.Peran Orang tua dan Guru dalam Membangun

Internet sebagai Sumber Pembelajaran (The Role of Parents and

Teachers in Building the Internet as a Source of Learning). Jurnal

Penyuluhan, 14(1).

Cici Trinawati, Peran Orang Tua dan Lingkungan Bermain Terhadap Perkembangan Moral Agama Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di RT. 04 Kelurahan Beringin Jaya Kecamatan Kemiling Bandar Lampung, (Skripsi yang disampaikan dalam sidang munaqasyah fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Raden Intan Lampung, 2020).

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi

Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Heriyani. 2010. Peran Orang Tua dalam Membimbing Belajar Anak Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV MI Ma‟arif Banjarparakan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2009/2010. Purwokerto: Jurusan Pendidikan Agama Islam STAIN Purwokerto.

Khairani, Wardina. 2019. Peran Orang tua Terhadap Penggunan Media

Internet Dalam Perilaku Keagamaan Anak (Studi pada Keluarga

Muslim di Kelurahan Bandar Jaya Barat Kecamatan Terbanggi Besar).

Lampung: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan

Lampung.

Kuntarto, Eko. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam

Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian

Language Education and Literature, 3(1).

Kartinah, K and Prasetyowati, Dina. 2022. “Students' Cognitive Engagement in Problem Solving and Online Learning”. KnE Social Sciences / 4th International Conference on Education and Social Science Research (ICESRE) / Pages 1012–1020. https://doi.org/10.18502/kss.v7i14.12051.

Mahmudi, Arifudin, Sulianto, Joko and Listiyarini, Ikha. 2020. “Hubungan perhatian orang tua terhadap hasil belajar kognitif siswa”. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(1), 122 – 129.

Ni'mah. 2016. Peranan Orang Tua Dalam Membimbing Anak Untuk

Melaksanakan Sholat Lima Waktu Di Lingkungan Pasar Kahayan

Palangka Raya (Studi Terhadap Lima Kepala Keluarga yang

Berprofesi sebagai Pedagang). Palangka Raya: Jurusan Pendidikan

Agama Islam IAIN Palangka Raya.

Novrinda, dkk. 2017. Peran Orang tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia PG-PAUD

FKIP UNIB, 2(1).

Prasetyo, Fajar Ahmad Dwi. 2018. Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak (Studi Deskriptif Tentang Tingkat Optimalisasi Pendampingan Orang tua dalam Proses Belajar Anak menurut Persepsi Siswa Kelas X SMK N 1 Nanggulan Tahun Ajaran 2017/2018). Yogyakarta: Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.

Suharsono, T.J. 2009. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosialisasi Pada Anak Prasekolah Di TK Pertiwi. Purwokerto Utara: Jurnal Keperawatan Soedirman. 4(3), 112-116.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tim Kemenristekdikti. 2017. Buku Panduan Pengisian Survei Pembelajaran dalam Jaringan. Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia No 1 Tahun 1974.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003.

Undang-undang Republik Indonesia No 35 Tahun 2014.

Valeza, Alsi Rizka. 2017. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Lampung: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN Raden Intan Lampung.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i1.13565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)