KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Mallinda Wahyuni Mallinda Sugondo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media interaktif yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dan bentuk Nonequivalent Control Group Design . Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SD Negeri Ronggo 01. Sampel yang diambil yaitu 20 siswa kelas VA dan 20 siswa kelas VB dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, uji ketuntasan belajar menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mencapai KKM 70. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen 89,4 diperoleh thitung = 11,859 dengan n = 20 dan ttabel = 2,093. Sehingga hasil pehitungan thitung > ttabel. Kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dari siswa kelas kontrol. Hasil posttest siswa kelas eksperimen memperoleh rata-rata 89,4 sedangkan pada posttestsiswa kelas kontrol memperoleh rata-rata 71,7. Hal ini berarti terdapat peningkatan. Selanjutnya penghitungan dilakukan menggunakan uji banding. Berdasarkan hasil tersebut, diperoleh thitung > tabel yaitu 6,958 > 2,02, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan memecahkan masalah matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.


Full Text:

PDF

References


Arapu, L. (2017). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp

yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Generatif Dan Pembelajaran

Langsung. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(3), 77-88.

Arends. 2007. Learning to Teach. New York: Mc Graw Hill

Depdiknas, “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, (Indonesia: Gramedia Pustaka, 2008).

Fitriyani, F., Puteri, M. S., & Ilmi, M. A. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint (Ppt) Interaktif Pada Materi Perbandingan. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 113-120.

Indriyanti, N. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ppt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Studi Kasus : Siswa Kelas Vb Sdn Karangayu 02 Kota Semarang. 1–146.

Karim, B. A. (2020). Era 4.0 Higher Education in the Covid-19 Pandemic (Sociological Reflection). Education and Learning Journal, 1(2), 102-112.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran : 65 Model Pembelajaran. Yogyakarta : Parama Ilmu.

Safitri, F. N., Reffiane, F., & Eka Subekti, E. (2020). Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 492–498. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29040

Shofiana, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP N 2 Tuntang. 2014.

Slameto. 2015. Metodologi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya wacana University Press.

Srimaya. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek, 5(1), 53–68. Http://Journal.UinAlauddin.Ac.Id/Index.Php/Biotek/Article/View/3446

Sugama, R. D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 3 SMA Negeri 9 Bandung. Http://Repository.Unpas.Ac.Id/Id/Eprint/39926

Sumilat, J. M. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri 2 Tataaran. II(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36456/Inventa.2.1.A1624




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i1.16041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)