Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi IPA Tema 7 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 02 Sokawangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) berbasis STEM terhadap hasil belajar siswa pada materi Tema 7 Subtema 1 Kelas V SD Negeri 02 Sokawangi kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian kuantitatif dengan menggunakan design penelitian Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest- postest Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN 02 Sokawangi dengan jumlah 21 peserta didik menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik sampling jenuh. Data penenlitian ini diperoleh melalui tes (pretest dan posttest) , wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif dan pemahaman konsep mengalami peningkatan yaitu hasil pretest dan posttest mengalami perbedaan. Rata-rata pretest adalah 59, presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 29%. Rata-rata posttest adalah 78, presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 95%. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan hasil analisis uji t yaitu t hitung = 7,87970 dan t tabel = 2,08 dengan taraf signifikan 5% seingga t hitung > t tabel yang artinya ditolak dan diterima.
Full Text:
PDFReferences
Agustin, V. N. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model problem based learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1).
Ariyatun, A., & Octavianelis, D. F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(1), 33-39.
Murdiasih, D., & Wulandari, F. E. (2022). Model problem based learning dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 6(2), 80-91.
DAMA, K. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Stem Dengan Media Penjernih Air Terhadap Hasil Belajar Materi Manfaat Air Kelas V Di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER).
Ilmi, SA, Ratnawati, R., & Subhan, M. (2021). The Effect of the Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) Approach on Student Thematic Learning Outcomes in Elementary Schools. Basicedu Journal , 5 (6), 5976-5983.
Iolanessa, L., Kaniawati, I., & Nugraha, M. G. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Pendekatan STEM dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(1), 113-117.
Izzani, L. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. CIVICUS Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 96.
Jannah, A. R., Rahmawati, I., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model PBL Berbantu Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 342-350.
Jauhariyyah, F. R. A., Suwono, H., & Ibrohim, I. (2017). Science, technology, engineering and mathematics project based learning (STEM-PjBL) pada pembelajaran sains. In Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017 (Vol. 2).
Mawarini, D., Cahyadi, F., & Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V. Wawasan Pendidikan, 2(2), 459-468.
Nuraini, F. (2017). Penggunaan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD. E-Jurnal mitra pendidikan, 1(4), 369-379.
Nuralita, A., Reffiane, F., & Mudzanatun, M. (2020). Keefektifan Model PBL Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(3), 457-467.
Sumiati, L. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS)
Winarni, J., Zubaidah, S., & H, S. K. (2018). Stem : Apa , Mengapa , dan Bagaimana . October 2016. https://www.researchgate.net/publication/322353003_Stem_Apa_Mengapa_ dan_Bagaimana
Wulandari, E. (2012). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 1(1).
Zubaidah, S., & Malang, U. N. (2018). Stem : Apa , Mengapa , dan Bagaimana . October 2016.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i1.16114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)