ANALISIS PROBLEMATIKA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS 1 DI SDN 1 NGAPUS KECAMATAN JAPAH KABUPATEN BLORA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Profil Pelajar Pancasila dan problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran Profil Pelajar Pancasila di kelas 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Ngapus Kecamatan Japah Kabupaten Blora. Subyek dari penelitian ini adalah guru kelas 1. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengambil data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Profil Pelajar Pancasila yang dilakukan oleh guru kelas 1 di SDN 1 Ngapus menggunakan 2 strategi yaitu pembelajaran berbasis proyek dan pembiasaan. Pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek yang dilakukan guru kelas 1 mengacu pada tema gaya hidup berkelanjutan yaitu pembuatan karya seni kolase dari pengolahan sampah organik dan anorganik. Pembelajaran berbasis proyek yang dilakukan guru kelas 1 mencerminkan 4 dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu gotong royong, mandiri, kreatif, dan bernalar kritis. Sedangkan kegiatan pembiasaan yang rutin dilakukan oleh peserta didik kelas 1 adalah membaca Asmaul Husna, upacara, sholawat nariyah, dan bekerjasama membersihkan kelas. Problematika yang dihadapi guru kelas 1 dalam pembelajaran Profil Pelajar Pancasila yaitu keterbatasan alokasi waktu, rendahnya keterampilan membaca peserta didik sehingga guru kelas 1 harus menyampaikan materi berulang-ulang, dan semangat peserta didik yang berbeda-beda.
Kata Kunci: Problematika Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila
Full Text:
PDFReferences
Alfaeni, D. K. N. (2022). KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK: Studi Kasus di SD Negeri Baros (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889.
Baharuddin, M. S., & Maunah, B. (2022). PROBLEMATIKA GURU DI SEKOLAH. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 44-64.
Dini Irawati, Aji Muhammad Iqbal, Aan Hasanah, Bambang Samsul Arifin. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Edumaspul, 6, 12-25.
Inayati, U. (2022, August). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 293-304).
Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150-5161.
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5161-5170.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. EDSUAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(3), 687-706.
M. Sulton Baharuddin. (2022). PROBELAMTIKA GURU DI SEKOLAH. Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 19, 61-72.
Manggalastawa. (2023). ANALISIS PEMBELAJARAN YANG BERDIFERENSIASI PADA PELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM MERDEKA DI SD. Jurnal Analisis Pendidikan Dasar, 3, 34-40.
Mia Roosmalisa Dewi. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project Based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. JURNAL UPI, 19, 213-226.
Ni Wayan Rati, Nyoman Kusmaryatni, Nyoman Rediani. (2017). MODEL PEMBELAJARAN PROYEK, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6, 60-72.
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i2.18318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)