PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTU MEDIA PHET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS III SDN SUGIHREJO 01 PATI

Rina Ninda Ristiana, Ervina Eka Subekti, Qoriati Mushafanah

Abstract


Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi serta menarik siswa untuk berperan aktif di dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbantu media PhET terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan kelas III SDN Sugihrejo 01 Pati. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menggunakan Pre experimental design dengan jenis one group pretest- posttest design. Populasi yang dijadikan objek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Sugihrejo 01 Pati. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) pengaruh penggunaan model pembelajaran PBL berbantu media PhET (x) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi pecahan (y) kelas III SDN Sugihrejo 01 Pati sangat signifikan. Dengan hasil penelitian mengalami peningkatan yaitu dari hasil pretest dan posttest mengalami perbedaan. Rata-rata pretest adalah 57,5 dan rata-rata posttest adalah 87,5 serta presentase ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 92%. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan hasil analisis uji t yaitu thitung sebesar 8,618 dan ttabel sebesar 2,201 dengan taraf signifikan 5%, sehingga nilai thitung > ttabel yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Model Pembelajaran PBL, Media PhET, Kemapuan Pemecahan Masalah Matematika

Full Text:

PDF

References


Astiti, J., Subekti, E. E., & Kuswandari, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 Perkembangan Teknologi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas III SDN Karangreja 01 Kabupaten Brebes. Jurnal Paedagogy, 8(3), 357-363. Diakses 24 Maret 2023.

Astuti, D. A. P., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(2), 102-109. Diakses 02 November 2022.

Fadilah, A. R., Subekti, E. E., & Suyitno, S. (2018, July). Keefektifan Model Two Stay Two Stray Berbantu Media Roda Pecahan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas V SDN Kopek Godong Grobogan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SENDIKA) 2018. Diakses 24 Maret 2023.

Fathurrohman, M. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogyakarta: ArRuzz Media.

Kristyanawati, M. D., Suwandi, S., & Rohmadi, M. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Problem Based Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 192-202. Diakses 24 November 2022.

Laila, R. N., Purnomo, D., & Mushafanah, Q. (2018, July). Keefektifan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Media Dakon Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Sawah Besar 01 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SENDIKA) 2018. Diakses 24 Maret 2023.

Lestari, S. Y., Hadi, H., & Mushafanah, Q. (2019). Pengaruh model problem based learning berbantu permainan edukatif terhadap hasil belajar tematik. Jurnal Sinektik, 2(1), 97. Diakses 24 Maret 2023.

Mairing, Dr. Jackson Pasini. (2018).Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: Alfabeta.

Nurhidayati, L., Mushafanah, Q., & Cahyadi, F. (2018, March). Penerapan Media Powerpoint Berbasis Cabri 3D Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Bengle 01 Kabupaten Tegal. In Prosiding Seminar Nasional HIMA dan PRODI PGSD 2017. Diakses 24 Maret 2023.

Pangesti, F. W., & Mulyati, T. (2022). Efektivitas Media Aplikasi Phet Simulation Dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Peserta Didik SD Terkait Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(9), 1894-1905. Diakses 02 November 2022.

Rahmawati, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah SPLDV Menggunakan Indikator Soemarmo. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 58-68. Diakses 24 November 2022.

Safitri, F. N., Reffiane, F., & Subekti, E. E. (2020). Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 492-498. Diakses 24 Maret 2023.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sulistiawati, A., & Prastowo, A. (2021). Penggunaan Phet Sebagai Media Interaktif Pembelajaran IPA Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(2), 82-91. Diakses 06 November 2022.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130. Diakses 24 November 2022.

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120-1129. Diakses 14 Oktober 2022.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i2.18326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)