PENGARUH METODE POLYA DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Sri Lestari, Sunan Baedowi, Kartinah Kartinah

Abstract


Penelitian dilatar belakangi karena kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika pada soal cerita yang mengakibatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Bandarharjo 02 rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah metode Polya berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dalam pemecahan masalah soal cerita volume kubus dan balok serta untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berbentuk Quasi Experiment Type Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk tes uraian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa analisis diskriptif, uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji nonparametrik dengan uji Wilcoxon dan uji Mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Polya dalam pemecahan masalah soal cerita bangun ruang kubus dan balok terhadap hasil belajar kelas V A SDN Bandarharjo 02. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann Whitney yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dimana nilai 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima.  Hasil belajar soal cerita volume kubus dan balok yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, ditunjukkan dengan rata-rata kelas eksperimen 70,85 dan kelas kontrol 20,59.

Kata Kunci: Hasil belajar, metode polya, pemecahan masalah, soal cerita, volume


Full Text:

PDF

References


ANDAYANI, S. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Masyariqulanwar 4 Sukabumi Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Ayustina, S., & Ahmad, S. (2020). Pengaruh model Polya terhadap hasil belajar soal cerita di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2768-2778.

Khairan, J., & Zainil, M. (2021). Pengaruh Model Polya Terhadap Hasil Belajar Soal Cerita Volume Kubus dan Balok Pada Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 863-873.

Dr. Syamsidah, M. d. (2018). Buku Model Problem Based Learnng (PBL). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Liberna, H. (2018). Hubungan Gaya Belajar Visual dan Kecemasan Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 41 Jakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2 (1), 98-108.

Monikasari, F., Sugiyanti, S., & Kartinah, K. (2021). Profil pemahaman konsep siswa dalam pemecahan masalah matematika menurut tahapan Polya ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(5), 411-417.

Polya, George, ((1985), How to Solve It 2nd ed Princeton University Press, New Jersey

Pt. Nanci Riastini, I. K. (2017). Pengaruh Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD. International Journal of Elementary Education, 189-196.

Rahayuningsih, S., Kartinah, K., & Nurhusain, M. (2023). Students’ Creative Thinking Stages in Inquiry-Based Learning: A Mixed-Methods Study of Elementary School Students in Indonesia. Acta Scientiae, 25(3), 238-272.

Redja Mudiyaharjo, Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002), cet. Ke-2

Sudjana, Nana. (2010). Proses danHasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Syalsa Ayustina, S. A. (2020). Pengaruh Model Polya Terhadap Hasil Belajar Soal Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tembusai, 2768-2778.

Wahyuddin, W. (2016). Analisis kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari kemampuan verbal. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9 (2), 148-160.

Wida Susanti, S. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kecemasan Belajar. Purbalingga: CV Eureka Media Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v3i2.18332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)