PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS FLIPBOOK PADA KELAS V TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4 DI SD N 2 CINGKRONG

Uwuh Dwi Lestari, Qoriati Mushafanah, M.Yusuf Setia Wardana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Pengembangan bahan ajar flipbook, (2) Tingkat kevalidan bahan ajar flipbook , (3) Hasil Respon dari peserta didik dan guru kelas V. Pada pengujian media melibatkan  16 anak dan guru kelas V di SDN 2 Cingkrong menjadi subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah R&D atau "Research and Development". Dalam pengembangan bahan ajar flipbook, terdapat enam tahap, yaitu: (1) Identifikasi Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Informasi, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Produk, dan (6) Uji Coba Produk. Instrumen pada penelitian ini adalah angket pengisian oleh peserta didik serta guru, dan angket validasi yang digunakan untuk menilai kevalidan materi ajar oleh ahli materi dan ahli media. Hasil uji kevalidan memperoleh skor dengan persentase sebesar  95%  dari ahli media dan  95%  dari ahli materi dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji kepraktisan atau kelayakan menunjukkan bahwa produk bahan ajar tematik  flipbook  yang diperbarui oleh peneliti sangat tepat untuk proses pembelajaran pada tema 2 subtema 2 di kelas V di SD N 2 Cingkrong. Skor persentase dari peserta didik mencapai 96,87% dengan kriteria "sangat layak", sedangkan skor persentase dari guru mencapai 92,5% dengan kriteria "sangat layak". Dengan demikian, bahan ajar flipbook yang telah dikembangkan oleh peneliti valid dan cocok untuk diimplementasikan dalam pembelajaran di sekolah tersebut.

.

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Flipbook

 


Full Text:

PDF

References


Abdullah, dkk. “Pengembangan E-Module Interaktif Chemistry Magazine Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Pada Materi Laju Reaksi”. Jurnal Zarah. Vol. 8 No. 1. 2020.

Agustin,D.Y., Setyosari, P., & Suharti, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Digital Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan:Teori, penelitian, dan pengembangan. 5(12), 1793-1799.

Amanullah, Muhammad Abror. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran.

Ari Nurwidiyanti, P. M. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar.

Dayanti, Zeni Rahma, Resa Respati, and Rosarina Gyartini. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar.” Journal of Elementary Education 04(05):704–11.

Ditaningtyas, W. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Buku Cerita Bergambar (Cergam) Tema 3 Subtema 3 (Ayo Cintai Lingkungan) untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Maharcika, A.A.M, dkk. “Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas IV SD/MI”. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 5 No 2. 2021.

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan modul elektronik (E-Modul) berbasis flipbook maker untuk subtema pekerjaan di sekitarku kelas IV SD/MI. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165-174.

Marlina. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Etnokonstruktivisme Dalam Topik Lacak dan Tengkuluk Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Kelas V Sekolah Dasar.

Martatiyana, D. R., Novita, L., & Purnamasari, R. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLIPBOOK MANFAAT ENERGI KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 44-57.

Prasetio, K. A., Sukamto, S., & Wardana, M. Y. S. (2018, March). PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUTAKSIA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL HIMA DAN PRODI PGSD 2017.

Putri, I. P., Yuniasih, N., & Sakdiyah, S. H. (2020, November). Pengembangan E-modul berbasis kvisoft flipbook maker perjuangan para pahlawan di kelas IV sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 523-530).

Rahmawati, T. I. N., Fajriyah, K., & Ysh, A. S. (2022). Pengembangan Media Flipbook Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Jepara Tema 8 Subtema 3 Kelas IV di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 647-658.

Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di Sma.

Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook Untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar.

Sugiyono,D.(2023). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D

Sugiyono. “Motode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D”. Bandung: Alfabeta. 2016.

Sugiyono. “Motode Penelitian Pendidian Pendekatan Kuanlitatif, Kuatitatif, Dan R&D”. Bandung: Alfabeta. 2018.

Wibowo, Edi. “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker”. Skripsi UIN Raden Intan Lampung. 2018.

Wibowo., E. P. (2018). Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Matematika, 147-156.

Wijayanto, & Zuhri, M. S. (2014). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Dengan Model Project Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v4i1.18353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)