PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI FPB DAN KPK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi FPB & KPK Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode pedekatan fenomenologi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan indikator pemahaman matematis yang meliputi translasi, interpretasi & ekstrapolasi. Sumber data penelitian ini siswa kelas IV SD N 3 Bendanpete Jepara yang berjumlah 21 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi tehnik dan sumber. Metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pemahaman matematis siswa termasuk kategori “rendah”, dengan rincian translansi sebanyak 63,3%, interpretasi sebanyak 33,8%, dan translansi 43,8%. Kesalahan dalam translasi yaitu siswa terbalik dalam menentukan FPB & KPK, kesalahan dalam interpretasi banyak siswa yang belum paham konsep FPB & KPK, dan kesalahan dalam ektrapolasi siswa kurang teliti dalam menghitung, terburu-buru dalam mengerjakan soal, dan tidak mengecek jawaban kembali. Dari tiga indikator tersebut pemahaman siswa paling kurang dibagian interpretasi dimana siswa belum bisa menerapkan konsep FPB & KPK dengan benar.
Kata Kunci: Pemahaman matematis, soal cerita, fpb & kpk.Full Text:
PDFReferences
Alan, U.F, dan Ekastya, A.A,. 2017. Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 11 No 1, hal 68.
https://media.neliti.com/media/publications/122785-ID-kemampuan-pemahaman-matematis-siswa-mela.pdf
Asrofiyah S., Rahmawati I., Cahyadi F., 2022. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Polya Materi Volume Kelas V SD Rajekwesi Jepara. Wawasan Pendidikan. Vol 2 N0 1.
http://journal.upgris.ac.id/index.php/wp/article/view/9617/5122
Manullang, F.R. 2019. Konsep Dasar Matematika SD. Jakarta : Prenadamedia Group.
Karunia E.P., 2016. Analisis kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Berdasarkan Gaya Belajar Dalam Model Knisley.Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/25288/1/4101412047.pdf
Meilani M, dan Anti M., 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah SD Pada Materi KPK dan FPB. Journal On Education vol 3 (1), hal 27. http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/264/215
Novitasari, Dian. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/1650/1402
Nuraeni, E.S.M, dan Rippi M, 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Siswa Mts. Journal Pembelajaran Matematika. Vol 1 No 5, hal 975-982. https://www.researchgate.net/publication/337138543_ANALISIS_KEMAMPUAN_PEMAHAMAN_MATEMATIS_DAN_TINGKAT_KEPERCAYAAN_DIRI_PADA_SISWA_MTs
Nursaadah I., dan Risma A,. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat.Jurnal Numeracy. Vol 5 No 1, hal 2-3. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/288/260
Pujiati, K.M., dan Savitri W,. 2018. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung pada Materi Pecahan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol.1 No.1, Hal 38.
https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/view/2278/1369
Rahayu Y., dan Heni P., 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan.Pasundan Journal of Research in Mathematic Learning and Education.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.Vol 3 No 2. https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/article/view/1284/677
Rizqi K, Citra U, dan Mariyam. 2020. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Karakter Kemandirian Belajar Materi Aljabar. Jurnal Derivat. Vol 7 No 2. Hal 118.
https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/1057/802
Sari Y.L, Subekti. E.E., dan Wardana M, Y. S. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Pemecahan Masalah Matematika Materi FPB Dan KPK. Jurnal sekolah FIP Unimed.Vol. 4, No. 3. Hal 183-190.
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/view/18522
Syarifah L.L., 2017. “Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 10 No 2, hal 57-71. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2031/1573
Unaenah Een. dan Muhammad S.S,. 2019. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu.Vol 3 No 1, hal 1-2. https://www.neliti.com/publications/278124/analisis-pemahaman-konsep-matematis-siswa-kelas-5-sekolah-dasar-pada-materi-peca
Wahyudidin.2016. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Verbal. Jurnal Tadris Matematika. Vol.9 No.2, Hal 149. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SJME/article/view/2213/1966
Wati, R.W dan Sary R.Mandar. 2019. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar.Seminar Pendidikan Nasional. Vol. 1, no. 1.Hal.378-386.
http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/394
Wijaya T.T., dkk. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 6 No 1, hal. 20-21. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/2076/pdf
DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v4i1.18361
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)