ANALISIS NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIAL FILM ANIMASI “UPIN & IPIN” EPISODE IKHLAS DARI HATI

Kurdi Kurdi

Abstract


Semakin merosotnya karakter yang dimiliki oleh anak – anak bangsa sekarang. Langkah – langkah alternatif  untuk mengatasi kemrosotan karakter yaitu dengan menggunakan media film. Tayangan televisi adalah salah satu aspek yang mempengaruhi pendidikan karakter. Salah satu animasi film yang dijadikan objek adalah serial film kartun Upin dan Ipin. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai – nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam serial kartun Upin dan Ipin serta relevansinya dengan pendidikan karakter. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui nilai – nilai pendidikan karakter dalam serial kartun Upin dan Ipin serta relevansinya  dengan pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Sumber data peneltian berasal dari serial film kartun Upin dan Ipin. Data yang digunakan dalam penelitian adalah gambaran adegan dan tindakan yang menggambarkan nilai – nilai pendidikan karakter pada serial kartun Upin dan Ipin. Data tersebut diperoleh melalui observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Observasi/pengamatan dilakukan dengan mengamati secara  lebih mendalam seluruh gambaran adegan dan tindakan yang dilakukan para tokoh                  serial film kartun Upin dan Ipin. Kegiatan wawancara dilakukan pada enam narasumber, yaitu lima siswa sekolah dasar kelas IV, dan guru sekolah dasar. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan semua berkas yang berhubungan dengan nilai karakter pada serial film kartun Upin dan Ipin. Studi pustaka diperoleh dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka diantaranya untuk mengetahui nilai – nilai pendidikan karakter,              peneliti mengumpulkan data dari beberapa buku pendidikan karakter. Hasil penelitian adalah serial film kartun Upin dan Ipin mengandung tujuh nilai karakter, yaitu welas asih, peduli terhadap sesama, sopan santun, kreatif, pantang menyerah, rela berkorban dan solidaritas. Ketujuh nilai karakter tersebut relevansinya dalam serial film kartun Upin dan Ipin pada episode ikhlas dari hati.

 

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Upin dan Ipin, Nilai

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta. Rineka Cipta.

Azhar, Arsyad. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Darwanto. 2011. Televisi sebagai Media Pendidikan .Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Gunawan, Heri. 2017. Pendidikan Karakter: Konsep Dan Implementasi. Bandung:

Alfabeta.

Hidayatulloh, M. Agung, 2017. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter AnakUsia Dini Dalam Film “Adit & Sopo Jarwo”. Jurnal Thufula. Vol. 5. No. 1. p: 43-63.

Ihsan, Fuad. 2005. Dasar – Dasar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Jean, Ann Wright. 2005. Animation Writing and Development: From Script Development to Pitch. Oxford: Elsevier Inc.

Kesuma, Dharma. 2012. Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Khodijah, Siti, Mustopa Kamal dan Yosep Farhan Dafik Sahal. 2019. Analisis Nilai – Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Serial Anak Upin & Ipin Season Ke 10. Jurnal Tarbiyah al-Aulad. Vol. 4, No. 1. p; 57-86. ISSN 2549-4651.

Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: ARR-RUZZ MEDIA.

Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, & Kreatif. Jakarta: Erlangga.

Maksudin. 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Moleong, J Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2014. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara. Muslich, Masnur. 2018. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Naim, Ngainun. 2020. Character Building. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Samani, Muchlas, Hariyanto. 2011 . Kosep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung Remaja Rosdakarya

Saptono. 2011. Dimensi – Dimensi Pendidikan Karakter. Salatiga : Esensi.

Septyawan, Dony. 2018. Analisis Film Upin & Ipin Dalam Penanaman Karakter Peduli Sosial. Jurnal Sinektik. Volume 1 Nomor 1. Prodi PGSD Universitas Slamet Riyadi. ISSN 2620-6560: p.53-65.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Jogiyanto, H. M. 1999 . Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v4i1.18362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)