PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI IPA POKOK BAHASAN HUBUNGAN GAYA DAN GERAK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS IV SEMESTER 2 SD NEGERI 6 MULYOHARJO TAHUN 2020/2021

Maimunatul Intikhanah

Abstract


Hasil pembelajaran di kelas IV SD Negeri 6 Mulyoharjo pada mata pelajaran IPA materi hubungan gaya dan gerak masih rendah. Proses pembelajaran masih bersifat konvensional yaitu dengan metode ceramah saja  sehingga peserta didik kurang antusias dan tidak aktif selama pembelajaran berlangsung. Perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi hubungan gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 6 Mulyoharjo yang terdiri dari 35 peserta didik. Penelitian diawali dengan tahap prasiklus. Lalu perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian perbaikan menunjukkan peningkatan rata-rata nilai kelas dari hasil tes formatif yang diawali pada tahap prasiklus semula 60, pada siklus 1 meningkat menjadi 75, kemudian pada siklus 2 menjadi 84. Dengan KKM 70 ketuntasan belajar pada prasiklus 28.6%, siklus 1 menjadi 74.3% sedangkan siklus 2 menjadi 91.4%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi hubungan gaya dan gerak.. Tindak lanjut untuk pendidik adalah dapat menerapkan model pembelajaran lain yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: hasil belajar, hubungan gaya dan gerak, Examples Non Examples


References


Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hal. 3.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal. 234.

Jihad, A. dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo. Hal. 14.

Samatowa, Usman. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks. Hal. 11-12.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. Hal. 76.

Sulistyorini, Sri. (2007). Hakekat Pembelajaran IPA di SD. http://cumanulisaja. blogspot. com/ 2012/ 10/ hakekat- pembelajaran- ipa- di-sd. html. Diakses 27/04/21. Hal. 39.




DOI: https://doi.org/10.26877/literasi.v1i2.8942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar)