Efektivitas Pelatihan Teknologi Asistif terhadap Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Adaptif dalam Mengajar Siswa Tunanetra di Kabupaten Bandung Barat
Abstract
Siswa tunanetra membutuhkan layanan khusus untuk mempelajari keterampilan yang biasanya dipelajari teman sebaya, layanan ini mencakup keterampilan dalam hal akademis, orientasi dan mobilitas, pengembangan sosial-emosional, kehidupan mandiri, rekreasi, pendidikan karir, efisiensi sensorik, penentuan nasib sendiri, dan teknologi asistif. Guru pendidikan jasmani adaftif di sekolah inklusi di Kabupaten Bandung Barat sering menghadapi kendala kurangnya pengetahuan, keterampilan, dan dukungan. Pelatihan ini bermaksud memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan bagi guru pendidikan jasmani adaptif yang mengajar di sekolah luar biasa (SLB A) atau di sekolah inklusi yang ada siswa tunanetranya sehingga dapat melaksanakan proses belajar mengajarnya lebih maksimal serta memberikan motivasi kepada para guru tersebut untuk dapat membuat teknologi asistif sederhana yang dapat diterapkan pada proses belajar mengajarnya. Metode pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelatihan dan pendampingan kepada 20 orang guru pendidikan jasmani adaptif dan guru pendidikan jasmani di sekolah inklusi di Kabupaten Bandung Barat yang dilaksanakan secara Blended Training. Pelatihan ini menghasilkan peningkatan kompetensi dan kreativitas guru dalam merancang teknologi asistif sederhana, yang mendukung efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani bagi siswa tunanetra. Kesimpulan yang dapat diperoleh yaitu penggunaan teknologi asistif dalam belajar pembelajaran pendidikan jasmani dapat menunjang pembelajaran menjadi lebih efektif dan kreativitas guru pendidikan jasmani sangat dibutuhkan pada saat membuat teknologi asistif yang efektif dan efisien.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abner, G. H., & Lahm, E. A. (2002). Implementation of assistive technology with students who are visually impaired: Teachers' readiness. Journal of Visual Impairment & Blindness, 96(2), 98–105.
Ajuwon, Paul M. (2012) Making Inclusive Education Work in Nigeria: Evaluation of Special Educators' Attitudes. Disability Studies Quarterly Vol 32, No 2
Lee, Y., & Vega, L. (2005). Perceived knowledge, attitudes, and challenges of AT use in special education. Journal of Special Education Technology, 20(2), 60–63.
Collier, S., Weinburgh, M., & Rivera, M., (2002). Infusing Technology Skills into a Teacher Education Program: Change in Students' Knowledge About and Use of Technology. Journal of Information Technology for Teacher Education 12(3)
Kapperman et al ., 2002; Survey of the use of Assistive Technology by Illinois Students who are Visually Impaired, Journal of Visual Impairment & Blindness 96(2)
Louvet Eva, (2007) Social judgment toward job applicants with disabilities: perception of personal qualities and competences. Rehabil Psychol. 2007;52(3):297–303.
Mason C, Davidson R, McNerney C. (2000). National plan for training personnel to service children with blindness and low vision. Reston, VA: Council for Exceptional Children.
Merbler, J.B., Azar, H., Ulman, J., (1999). Using Assistive Technology in the Inclusive Classroom. Preventing School Failure Volume 43, Number 3, 1999 ISSN 1045-988X
Zascavage, V. T., Keefe, C.H., (2004), Students With Severe Speech and Physical Impairments: Opportunity Barriers to Literacy. sagepub.com
Zhou, Parker, Smith, & Griffin-Shirley, (2011); Assistive Technology Competencies for Teachers of Students with Visual Impairments: A National Study. Journal of Visual Impairment & Blindness 106(10):656-665
DOI: https://doi.org/10.26877/jpom.v5i2.20922
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Regi Dwi Septian
Copyright of Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat ISSN 2808-1358 (Online - Elektronik)
Jurnal Pengabdian Olahraga Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.