Pengaruh Hambatan Samping Pada Badan Jalan Mt. Haryono Terhadap Kinerja Ruas Jalan

Afrizal Yusuf Al Fikri, Andik Septiari, Mohammad Debby Rizani, Donny Ariawan

Abstract


Minimnya ruang parkir yang disediakan Pemerintah Kota Semarang di ruas Jalan MT. Haryono depan Pasar Peterongan menyebabkan masyarakat mengunakan bahu jalan untuk dijadikan tempat parkir kendaraan (on street parking) sehingga berdampak pada pengurangan tingkat penggunaan jalan dan pelayanan jalan yang hanya melewati ruas jalan tersebut menerima dampak negatif berupa waku tempuh yang lebih lama yang pada akhirnya menimbulkan penambahan Biaya Operasional Kendaraan (BOK). Selain itu, on street parking juga dilakukan oleh angkutan umum yang menaikkan dan menurunkan penumpang di depan Pasar Peterongan yang diakibatkan karena kurangnya tempat pemberhentian angkutan (halte). Berdasarakan penelitian yang dilakukan pada ruas jalan MT. Haryono tingkat pelayanan terburuk terdapat pada pukul 07.30-08.30 dengan nilai ratio 1,14 dan mempunyai kecepatan rata-rata 43 km/jam dengan tingkat pelayanan pada level F. Tingkat pelayanan pada level F juga terjadi pada pukul 15.30-16.30 dan pukul 16.30-17.30 dengan nilai ratio masing-masing adalah 1,01 dan 1,11. Angkutan umum paling banyak menggunakan on street parking terjadi pada pukul 07.30-08.30 dengan jumlah angkutan umum masuk sebanyak 141 kendaraan dan angkutan umum keluar sebanyak 127 kendaraan, sedangkan angkutan umum paling sedikit menggunakan on street parking terjadi pada pukul 17.30-18.30 dengan jumlah angkutan umum masuk sebanyak 46 kendaraan dan angkutan umum keluar sebanyak 38 kendaraan. Biaya kemacetan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah Biaya Operaional Kendaraan (BOK) akibat penurunan kecepatan dengan menggunakan metode HDM VOC (Highway Design and Maintenanc Standart Vehicle Operating Cost). Penambahan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) atau external cost yang dikeluarkan adalah Rp. 168,51- selama 12 jam penelitian.


Keywords


Parkir, Angkutan Umum, BOK, Ruas Jalan.

References


Aditya, V. (2019). Pematang Siantar ( Studi Kasus ). 1–115.

Council, N. R., & TRB. (2000). Highway capacity manual. In National Research Council, Washington, DC.

Direktorat, J. B. M. (1997). Mkji 1997. In departemen pekerjaan umum, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia” (pp. 1–573).

Dirjen Perhubungan Darat. (1996a). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jurnal Fondasi, 1(1), 0–3.

Dirjen Perhubungan Darat. (1996b). Pedoman Teknis Perekayasaan Tempat Perhentian Kendaraan Penumpang Umum. Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Elvik, R. (1994). The external costs of traffic injury: Definition, estimation, and possibilities for internalization. Accident Analysis and Prevention. https://doi.org/10.1016/0001-4575(94)90050-7

Gerlough, D. L., & Huber, M. J. (1975). TRAFFIC FLOW THEORY. Special Report - National Research Council, Transportation Research Board.

Hobbs. (2009). Perencanaan dan teknik lalu lintas. Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil.

Kemenhub. (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir (p. 204).

Khasani, Y., Murtiono, E. S., & Sukatiman. (2015). Analisis Sistem Parkir di Badan Jalan (On Street Parking) terhadap Kelancaran Berlalu Lintas di Jalan Gonilan-Pabelan (IMPLEMENTASI DARI MATA KULIAH DASAR-DASAR KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN). Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1–10.

May, A. D. (1990). Traffic Flow Fundamentals (p. 464). http://books.google.com/books?id=JYJPAAAAMAAJ&pgis=1

Riau, P. (2005). Departemen pekerjaan umum. 008.

Sulistio, H., Wicaksono, A., Brawijaya, U., & Timur, J. (2015). Pengaruh Proporsi angkutan umum terhadap kinerja kinerja ruas jalan di Kota Malang. 9(2), 121–129.

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. In Perencanaan dan pemodelan transportasi.

Warpani. (2002). Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Jalan. Journal of Chemical Information and Modeling.

Warpani, S. (1990). Merencanakan Sistem Pengangkutan. In Bandung. ITB. Institut Teknologi Bandung.

Wikrama, A. A. J. (2010). Analisis Karakteristik Dan Kebutuhan Parkir Di Pasar Kreneng. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil.

World Bank. (1993). World Development Report 1993. In World Development Report 1993. https://doi.org/10.1596/978-0-1952-0890-0

Yany dkk. (2016). Ruas Jalan ( Studi Kasus : Ruas Jalan Ciledug Kota Garut ).




DOI: https://doi.org/10.26877/giratory.v1i2.9446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Teknik Sipil Giratory UPGRIS

Program Studi Teknik Sipil

Fakultas Teknik dan Informatika

Universitas PGRI Semarang