ANALISA KINERJA TRAFFIC LIGHT TAMAN MADUKORO PADA RUAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN KOTA SEMARANG

Adi Tri Wibowo, Muhammad Nafiul Solichin, Mohammad Debby Rizani, Donny Ariawan

Abstract


Pada simpang Taman Madukoro telah dilakukan perubahan pengaturan manajemen dari simpang tidak bersinyal menjadi simpang bersinyal, namun pada penerapannya tidak berfungsi secara maksimal. Permasalaah dalam penelitian ini adalah 1) pengaruh hambatan samping dan gangguan lalu lintas, 2) tingkat kemacetan pada simpang taman madukoro 3) kinerja traffic light pada simpang taman madukoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode yang dilakukan dengan cara mengolah data primer hasil survei lapangan serta mengumpulkan beberapa informasi yang dibutuhkan sebagai data sekunder.
Berdasarkan analisis didapatkan hasil untuk hambatan samping sebesar 1214.3 kend/jam untuk arah barat dan 304.6 kend/jam untuk arah timur jadi didapatkan kelas hambatan samping untuk arah barat berupa sangat tinggi (VH) karena jumlah bobot lebih besar dari 900 kend/jam dengan kondisi daerah komersil dan aktivitas yang tinggi disisi jalan sedangkan untuk arah itmur berupa sedang (M) karena jumlah bobot diantara 300-499 kend/jam dengan daerah komersil dan aktivitas sedang di sisi jalan. Tingkat kemacetan dengan volume arus lalu lintas pada arah barat sebesar 2951 smp/jam dan 2466 smp/jam pada arah timur, kapasitas sebesar 1485 smp/jam untuk arah barat dan sebesar 1584 smp/jam untuk arah timur dan derajat kejenuhan sebesar 1.99 untuk arah barat dan sebesar 1.56 untuk arah timur. Maka tingkat pelayanan lalu lintas pada simpang taman madukoro ini berupa tingkat F untuk kedua jalur. Untuk kondisi jalan arus yang lambat, kecepatan yang rendah, volume diatas kapasitas dan hambatan samping yang cukup tinggi. Kinerja traffic light dengan kapasitas simpang sebesar 1307.8 smp/jam hijau untuk arah barat dan 842.81 smp/jam hijau untuk arah timur.


Keywords


hambatan samping, tingkat kemacetan, kinerja traffic light

References


Ade Dwija Wirianata, S. A. (2020). PERENCANAAN TRAFFIC LIGHT PADA SIMPANG JALAN JENDRAL URIP SUMOHARJO - JALAN HOS COKROAMINOTO - JALAN JOHAR - JALAN MERDEKA KOTA PONTIANAK.

Agus Juhara, d. L. (2015). KAJIAN EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LAMPU LALU LINTAS (TRAFFIC LIGHT) TERHADAP KINERJA DI SIMPANG BRIGJEN. H. DARSONO CIREBON. PROSIDING SNIJA , 175-178.

Lendy Arthur Kolinug, T. K. (2013, januari). ANALISA KINERJS JSRINGAN JALAN DALAM KAMPUS UNIVERSITAS SAM RATULANGI. Jurnal Sipil Statik , 119-127.

Lili Anggraini, H. Z. (2015). ANALISIS PENGARUH KINERJA LALULINTAS TERHADAP PEMASANGAN TRAFFIC LIGHT PADA SIMPANG TIGA (STUDI KASUS SIMPANG KKA). Teras Jurnal , 99-108.

Manalu, N. F. (2013). ANALISA TRAFFIC LIGHT PADA PERSIMPANGAN JALAN TRITURA (JALAN BAJAK) MEDAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MKJI & WEBSTER (STUDI KASUS JL. TRITURA/ JL. BAJAK). MEDAN: Jurnal Teknik Sipil USU.

Mayasari, R. (2009). ANALISIS EFEKTIVITAS LAMPU LALU LINTAS DI KOTA SURAKARTA. SUKARTA: UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA.

MKJI. (1997). MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA (MKJI). JAKARTA SELATAN: Directorat General Bina Marga .

Muhammad Alfiyana, B. Y. (2017, Juni). ANALISA KINERJA SIMPANG TUGU BARON KOTA SURAKARTA DENGAN PENERAPAN LAMPU LALU LINTAS (TRAFFIC LIGHT). e-Jurnal MATRIKS TEKNIK , 566-573.

Simbolon, A. T. (2020). EVALUASI DURASI LAMPU LALU LINTAS PADA PERSIMPANGAN JALAN RING ROAD-JALAN GATOT SUBROTO KOTA MEDAN. MEDAN: UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA MEDAN.




DOI: https://doi.org/10.26877/giratory.v2i2.11413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Teknik Sipil Giratory UPGRIS

Program Studi Teknik Sipil

Fakultas Teknik dan Informatika

Universitas PGRI Semarang