PERENCANAAN ON STREET PARKING DAN POTENSI RETRIBUSI PARKIR PADA RUAS JALAN KARTINI KOTA SALATIGA
Abstract
Ruang yang tersedia untuk memarkir kendaraan pada tepi jalan di kawasan pusat kota dan sepanjang jalan raya utama yang dilakukan dengan tetap ada pembatasan dan pengendalian serta pengaturan atau sering disebut on street parking (Clarkson Grg Lesby dan Bary Hicks, 1988). Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kinerja lalu lintas yang kurang optimal disebabkan oleh adanya on street parking pada jalur sepeda di Jalan Kartini Kota Salatiga. Dalam mengatasi permasalahan tersebut diperlukan adanya analisis tentang perencanaan on street parking, dan estimasi retribusi parkir disepanjang ruas Jalan Kartini Kota Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dokumentasi pribadi, catatan peneliti, dan dokumen pendudukung lainnya. Alternatif simulasi parkir yang digunakan yaitu posisi sudut parkir roda empat 0o dan roda dua 30o dikarenakan simulasi tersebut tidak melebihi batas maksimal bahu jalan, kapasitas jalan, kecepatan arus bebas dan derajat kejenuhan. Lalu, digunakan pula penarikan retribusi parkir dengan metode Tarif Flat dengan tarif kendaraan Roda 2 (dua) Rp. 2000,-/kendaraan sedangkan kendaraan Roda 4 (empat) Rp. 4000,-/kendaraan. Maka proyeksi total pendapatan parkir pada area lokasi survey tersebut yaitu sebesar Rp. 51.830.000,- pertahun.
Kata kunci: parkir, on street parking, retribusi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 2021.
Data Jumlah Penduduk Kota Salatiga. Salatiga.
Dinas Perhubungan Salatiga. 2018. Data
Geometri Jalan Kartini Kota Salatiga. Salatiga.
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 1996.
Pedoman Teknik Penyelenggaraan Fasilitas
Parkir.
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 1997.
Pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia.
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 1998.
Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir.
DOI: https://doi.org/10.26877/giratory.v3i1.12853
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Teknik Sipil Giratory UPGRIS
Program Studi Teknik Sipil
Fakultas Teknik dan Informatika
Universitas PGRI Semarang