ANALISIS KEBUTUHAN VIDEO ANIMASI 3D BERMUATAN MATERI PELAJARAN SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

Riris Setyo Sundari, Ervina Eka Subekti, Fajar Cahyadi

Abstract


Pandemi di Indonesia yang disebabkan oleh COVID-19 memaksa manusia melakukan perubahan di berbagai bidang, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Pembelajaran di masa pandemic megalami berbagai kendala dalam pelaksanaannya, salah satunya adalah sulitnya guru menyampaikan materi dan sulitnya siswa memahami materi dengan baik. Berdasarkan keadaan yang terjadi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, maka peneliti berkeinginan untuk melakukan analisis kebutuhan video animasi 3D bermuatan materi pelajaran Sekolah Dasar untuk pembelajaran di masa pandemi. Dengan asumsi bahwa video animasi 3Dbermuatan materi pelajaran Sekolah Dasar sebagai bagian dari teknologi dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Dengan demikian guru dan juga orangtua pun akan terbantu dengan adanya video animasi tersebut. Pemilihan video animasi 3D bermuatan materi pelajaran Sekolah Dasar dikarenakan pada masa pandemi ini, kemungkinan screen time anak usia Sekolah Dasar juga bertambah karena kegiatan belajar dari rumah. Untuk itu, video animasi 3D bermuatan materi pelajaran Sekolah Dasar dapat menjadi pilihan kegiatan di depan layar yang bermanfaat. Penelitian ini merupakan kualitatif yang menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai Teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wacana peneliti untuk membuat video animasi 3D bermuatan materi pelajaran di Sekolah Dasar ternyata disambut dengan sangat baik oleh responden yang ditemui. Bahkan semua responden (100%) mengatakan bahwa video animasi 3D bermuatan materi pelajaran Sekolah Dasar untuk dijadikan media dalam pembelajaran. Hal tersebut juga sesuai hasiil penelitian yang mengatakan bahwa media menjadi salah satu hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi. Video animasi 3D bermuatan materi pelajaran Sekolah Dasar diharapkan lebih menarik minat siswa untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v11i2.10979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

 

Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats

marontoto

Bos88

link slot gacor

Luxury777

https://theroaddiaries.com/

jumpapegas88

situs slot gacor

slot88

situs toto

Batman138

Luxury111

toto slot

SLOT88

https://ppi.semenpadanghospital.co.id/app/

https://siskablu.gbk.id/api/data/

https://siakad.stikompoltekcirebon.ac.id/file/

https://bkd.jambikota.go.id/docs/

https://simpel.bpsdm.sultengprov.go.id/file/

https://simpellpk.pom.go.id/

https://unitaspalembang.ac.id/docs/

https://dpmptsp.jabarprov.go.id/app/

https://expo.unpar.ac.id/web/

slot gacor

sulebet

karatetoto

situs togel

toto slot

toto slot

istana911

Luxury777

Luxury138

slot pulsa

SV388

PGKING login

slot gacor

toto togel

aceh4d

slot thailand

tiger78

lion78

slot gacor situs303

citibet88

petir108

kongbet

jackpot108

slot88

samuraitoto

batmantoto alternatif

ceri123

RATUKIDUL88

Kembang128

kembang128

tuna128

jangkar128

turbo128

mesin228

orca128

Kembang128

Kembang128

turbo128

jangkar128

orca128

rawit128

kembang128

kembang128

mesin228

awan128

KOMET128