MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW)

Isna Putri Astuti

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematik sedang tujuan khususnya adalah Meningkatkan Hasil Belajar  dan Komunikasi Matematik dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk  Write pada materi relasi fungsi  bagi peserta didik  kelas VIII A di SMP N 2 Jiken  tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini di lakukan di  SMP N 2 Jiken kelas VIII A dengan jumlah peserta didik 36 dilakukan 2 siklus dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refeksi atau analisis yaitu membandingkan hasil tes komunikasi matematik kondisi awal dengan hasil tes komunikasi  matematik pada siklus

 Berdasarkan analisis data ternyata terjadi peningkatan ketuntasan belajar peserta didik kondisi awal  (36,11 %)  ke siklus 1  (52,78 %) terjadi kenaikan 16,67 %, sedangkan ketuntasan belajar dari kondisi awal (36,11 %) ke siklus  2 (83,33 %) terjadi kenaikan sebesar 47,22 %. Rata-rata nilai peserta didik juga meningkat dari kondisi awal (56,67)  sampai siklus 1 (67,64) atau naik 10,97 sedangkan rata-rata dari siklus1 (67,64)  sampai siklus 2 (73,19) naik 5,55 sedangkan rata-rata dari kondisi awal ( 56,67) sampai siklus 2( 73,19) terjadi peningkatan sebesar 16,52. Untuk komunikasi matematik indikator memperhatikan penjelasan pendidik dari kondisi awal (50%) siklus 1 ( 55,6%) siklus 2 ( 66,7%) terjadi kenaikan 16,7%, menulis hal yang relevan dalam pembelajaran dari kondisi awal (8,3%) siklus 1 (22,2%) siklus 2 ( 22,2%) terjadi kenaikan 47,3%, menjawab pertanyaan pendidik dari kondisi awal (11%) siklus 1 (27,85) siklus 2 (22,2%) terjadi kenaikan 11,2%, senang atau antusias dalam pembelajaran dari kondisi awal (19%) siklus 1 (41,7%) siklus 2 (66,7%) terjadi kenaikan 47,7%, berdiskusi dengan teman dalam kelompoknya dari kondisi awal (17%) siklus 1 (33,3%) siklus 2 (33,3%) terjadi peningkatan 16,3%, segera mengerjakan soal yang diberikan pendidik dari kondisi awal (33%) siklus 1 (41,7%) siklus 2 (66,7%) terjadi kenaikan 33,7%, mempresentasikan hasil diskusi dari kondisi awal ( 8,3%) siklus 1 (22,2%) sikus 2 (27,8%) terjadi kenaikan 19,5%, membuat rangkuman dari kondisi awal ( 8%) siklus 1 ( 27,8%) siklus 2 ( 61,1%) terjadi kenaikan 53,1%.

 

 Dengan hasil di atas maka penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Talk  Write pada materi Relasi dan fungsi dapat meningkatkan hasil belajar dan komunikasi matematik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i1.1112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 MALIH PEDDAS



 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats