MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN VISUAL SPASIAL MATERI PELUANG BAGI SISWA KELAS IX B DI SMP NEGERI 2 JIKEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang memiliki tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika sedang tujuan khususnya adalah Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika dalam Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Visual Spasial materi peluang bagi siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Jiken tahun pelajaran 2014 / 2015.
Penelitian ini di lakukan di SMP N 2 Jiken kelas IX B dengan jumlah 30 orang siswa. Dilakukan dengan 2 siklus, siklus 1 dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refeksi atau analisis yaitu membandingkan hasil tes kondisi awal dengan hasil tes pada siklus 1. Demikian pula untuk Siklus 2 dengan refleksi membandingkan hasil belajar tes siklus 1 dengan hasil tes pada siklus 2.
Dari hasil belajar siswa yang tuntas di siklus 2 terlihat 83,3 Selengkapnya hasil belajar siswa yang tuntas dari kondisi awal (20%) ke siklus1 (60 %) terjadi kenaikan 40 %, sedangkan ketuntasan belajar dari kondisi awal (20 %) ke siklus 2 (83,33 %) terjadi kenaikan sebesar 63,33 %. Rata-rata nilai siswa juga meningkat dari sebelum tindakan atau kondisi awal (55) sampai siklus 1 (58,19) atau naik 3,19 sedangkan rata-rata dari siklus 1 (58,19) sampai siklus 2 (63,61) naik 5,42 sedangkan rata-rata dari kondisi awal (55) sampai siklus2 ( 63,61) juga terjadi peningkatan sebesar 8,61.
Terjadi peningkatan di setiap indikator dari kondisi awal ke siklus 2. Selengkapnya untuk indikator kehadiran dari kondisi awal (63,33%) siklus 2 (83,337%) terjadi kenaikan 20%, menyimak penjelasan guru dari kondisi awal (33,33%) siklus 2 ( 73,33%) terjadi kenaikan 40%, mengerjakan latihan dari guru dari kondisi awal ( 30%) siklus 2 ( 66,67%) terjadi kenaikan 36,67%, diskusi dengan teman dalam kelompoknya dari kondisi awal (26,67%) siklus 2 (76,67%) terjadi kenaikan 50%, indikator membuat PR dari kondisi awal (23,33%) siklus 2 (60%) terjadi peningkatan 46,67%, mempresentasikan hasil diskusi dari kondisi awal (33,33%) siklus 2 (90%) terjadi kenaikan 56,67%.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i2.1121
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 MALIH PEDDAS
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com