PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN MATEMATIKA TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP KELAS III SDN GETAS 3 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Efinda Sari, Joko Sulianto, Murniati Murniati

Abstract


Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik kelas III SDN Getas 3 Demak pada hasil pretest ketuntasan belajar pada muatan Matematika tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup sub tema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup terdapat 12 peserta didik atau 60% dari 20 peserta didik yang nilainya masih dibawah nilai KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada muatan Matematika tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup sub tema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup kelas III SDN Getas 3 Demak. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil pekerjaan peserta didik. Hasil penelitian setelah dilakukan tindakan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik pada materi matematika. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya hasil belajar berdasarkan prosentase ketuntasan siklus I yaitu 40% dengan rata-rata nilai sebesar 63,50, siklus II yaitu 70% dengan rata-rata nilai sebesar 74,50 dan siklus III yaitu 90% dengan rata-rata nilai sebesar 84,00. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v12i2.13280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats