KOMIK BILANGAN ROMAWI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1V SD
Abstract
Objek Matematika yang abstrak membuat matematika sulit dipahami oleh siswa SD yang pola berfikirnya masih di tahap kongkrit. Berdasarkan hasil observasi pendahulu media pembelajaran matematika di Sekolah Dasar kurang bervariasi, bahkan untuk materi bilangan romawi guru sangat jarang menggunakan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui apakah komik bilangan romawi bisa meningkatkan hasil belajar matematika pda materi bilangan romawi siswa kelas IV, (2) untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika pada materi bilangan romawi siswa kelas IV setelah pembelajaran menggunakan media bilangan romawi bisa mencapai ketuntasan sebesar 70. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Data hasil penelitian berupa data nilai pretest dan postest siswa pada materi bilangan romawi diolah menggunakan paired sample t-test. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media komik bilangan romawi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan bahan ajar komik bilangan romawi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan porsentase ketuntasan siswa.
Kata Kunci : komik, bilangan romawi, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i2.1347
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 MALIH PEDDAS
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com