PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 BERGAS LOR

Nimas Puspitasari

Abstract


Berdasarkan observasi awal di kelas V SD N 01 Bergas Lor menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi oleh siswa  terutama pada materi pembelajaran IPS disajikan dengan mono media, mono metode, mono evaluasi, dan teacher centered. sehingga menyebabkan kejenuhan, kebosanan pada diri siswa Hal ini dibuktikan dengan jumlah 26 siswa hanya 10 siswa yang dikatakan tuntas,  sedangkan  16  siswa  tidak tuntas. Nilai Rata-rata Kelas 60. Dengan ketuntasan klasikal 38,46%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan media CD Interaktif.  Penggunaan media pembelajaran yang tepat adalah salah satu upaya agar siswa memperoleh gambaran kongkret tentang konsep yang harus dipahami. Salah satu aplikasi  teknologi  mode multimedia yang efektif menggunakan instruksi pembantu adalah CD pembelajaran interaktif. CD pembelajaran interaktif menggunakan desain  yang efektif meliputi  teks,  suara,  gambar, foto,  ilustrasi,  animasi,  video  dan  lainnya.  CD Interaktif  desain dibangun  pada prinsip  pengguna  berpusat pada instruksi. Langkah-langkah  penggunaan  CD  interaktif  menurut  Anitah  (2008:94)  yaitu  (1)  persiapan,  (2) pelaksanaan,  (3)  evaluasi, dan (4) tindak lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan media CD Interaktif pada pelajaran IPS, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada masing-masing siklus yaitu untuk nilai rata-rata kelas pra siklus 60, siklus I 72.8, prosentase kenaikannya adalah 17,5 %. Sedangkan pada siklus II 80 sehingga posentase kenaikannya sebesar 9 %. Nilai ketuntasan belajar klasikal pra siklus sebesar 38,46 %, siklus I 53,84 %, prosentase kenaikannya adalah 28,56 %. Sedangkan pada siklus II 84,61 %, prosentase kenaikannya sebesar 36,36 %. Tingkat kemampuan siswa siklus I sebesar 74 % dan siklus II sebesar 84 % sehingga mengalami kenaikan sebesar 13.5 %. Untuk tingkat kinerja guru pada siklus I sebesar 78 %, pada siklus II sebesar 86 % mengalami peningkatan sebesar 10.3 %.  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media CD Interaktif dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SD N 01 Bergas Lor. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan hendaknya media ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran bagi guru sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa.          

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, CD Interaktif, IPS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i2.1351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 MALIH PEDDAS



 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats