PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 BERGAS LOR
Abstract
Berdasarkan observasi awal di kelas V SD N 01 Bergas Lor menunjukkan bahwa kesulitan yang dihadapi oleh siswa terutama pada materi pembelajaran IPS disajikan dengan mono media, mono metode, mono evaluasi, dan teacher centered. sehingga menyebabkan kejenuhan, kebosanan pada diri siswa Hal ini dibuktikan dengan jumlah 26 siswa hanya 10 siswa yang dikatakan tuntas, sedangkan 16 siswa tidak tuntas. Nilai Rata-rata Kelas 60. Dengan ketuntasan klasikal 38,46%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan media CD Interaktif. Penggunaan media pembelajaran yang tepat adalah salah satu upaya agar siswa memperoleh gambaran kongkret tentang konsep yang harus dipahami. Salah satu aplikasi teknologi mode multimedia yang efektif menggunakan instruksi pembantu adalah CD pembelajaran interaktif. CD pembelajaran interaktif menggunakan desain yang efektif meliputi teks, suara, gambar, foto, ilustrasi, animasi, video dan lainnya. CD Interaktif desain dibangun pada prinsip pengguna berpusat pada instruksi. Langkah-langkah penggunaan CD interaktif menurut Anitah (2008:94) yaitu (1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) tindak lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan media CD Interaktif pada pelajaran IPS, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada masing-masing siklus yaitu untuk nilai rata-rata kelas pra siklus 60, siklus I 72.8, prosentase kenaikannya adalah 17,5 %. Sedangkan pada siklus II 80 sehingga posentase kenaikannya sebesar 9 %. Nilai ketuntasan belajar klasikal pra siklus sebesar 38,46 %, siklus I 53,84 %, prosentase kenaikannya adalah 28,56 %. Sedangkan pada siklus II 84,61 %, prosentase kenaikannya sebesar 36,36 %. Tingkat kemampuan siswa siklus I sebesar 74 % dan siklus II sebesar 84 % sehingga mengalami kenaikan sebesar 13.5 %. Untuk tingkat kinerja guru pada siklus I sebesar 78 %, pada siklus II sebesar 86 % mengalami peningkatan sebesar 10.3 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media CD Interaktif dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SD N 01 Bergas Lor. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan hendaknya media ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran bagi guru sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar, CD Interaktif, IPS
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i2.1351
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 MALIH PEDDAS
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com