PENERAPAN MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II TEMA I HIDUP RUKUN DI SD N 01 WINDUAJI
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik peserta didik kelas II SDN 01 Winduaji. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas II SDN 01 Winduaji yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data: tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini terdiri lembar tes, lembar observasi dan lembar dokumentasi. Dari hasil yang diperoleh setelah penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada tema 1 Hidup Rukun peserta didik kelas II SDN 01 Winduaji dapat dilihat melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran tema 1 Hidup Rukun yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki dampak yang positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik yang sudah dilaksanakan. Sedangkan pada siklus I menunjukkan hanya 35 % peserta didik yang tuntas dalam pemelajaran, dan siklus II 75%. Pada siklus III Peningkatan hasil belajar peserta didik secara klasikal telah tercapai 90%. Dengan demikian pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar sesuai dengan hipotesa penelitian yaitu Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v12i2.13806
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com