Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Number Head Together) Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA
Abstract
Ahmad Sarofi.2022: “Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Number Head Together). Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Pembimbing: (1) Dr. Sumarno, M.Pd., (2) Dr.Joko Siswanto, M.Pd. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran model NHT (Number Head Together) berbasis problem solving untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan dari Spencer Kagan, dengan 3 sintaks atau langkah yaitu: (1) Pendahuluan. (2) Kegiatan Inti. (3) Penutup. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, dan bahan ajar. Pada tahap investigasi awal dilakukan analisis kondisi peserta didik dan analisis kurikulum. Tahap desain adalah merancang produk yang akan diekmbangkan, tahap realisasi telah tersusun produk sebagai prototipe 1.Tahap tes, evaluasi dan revisi dilakukannya validasi oleh ahli materi dan praktisi, revisi dan uji coba skala terbatas. Tehnik analisa data yang digunakan dengan uji n-gain dan uji T. Hasil validasi perangkat pembelajaran dihitung dengan rumus formula aikens dengan hasil : penliaian silabus diperoleh skor 3,70 kriteria sangat valid, RPP skor 3,83 kriteri sangat valid, bahan ajar skor 3,93 kriteria sangat valid, LKPD skor 3,93 kriteria sangat valid dan test kreativitas siswa skor 3,84 skor sangat valid. Hasil analisa data keefektifan perangkat pembelajaran dengan nilai uji n-gain dalam penelitian inindiperoleh 76,4% dengan kategori peningkatan efektif, dan nilai uji T diperoleh Sig. 0,001 < 0,05 artinya ada pengaruh penggunaan pengaruh penggunaan model NHT berbasis problem solving untuk meningkatkan kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model NHT berbasis problem solving yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif sehingga sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA.
Kata Kunci: NHT, Kreativitas Siswa, Problem Solving,
DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v13i1.14039
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com