EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS II SDN TLOGOSARI KULON 01

Muslifah Handayani

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu kunci keberhasilan peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar. Hasil observasi pembelajaran didapatkan guru belum menggunakan media pembelajaran menarik pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas media Canva terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Kelas II SDN Tlogosari Kulon 01. Metode penelitian ini menggunakan  metode kuantitatif. Pengambilan  data  dilakukan  dengan postest  hasil  belajar menggunakan media canva dan tanpa menggunakan media canva.  Hasil penelitian ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linier sederhana yang data rata berdistribusi normal karena memiliki nilai signifikasi 0,080 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai residual berdistribusi normal. Sedangkan pada uji t dengan paired sample t test menunjukkan rata rata hasil posttest dikelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan menggunakan media canva hanya mencapai sebesar 72, pada kelas eksperimen diberikan perlakuan rata rata nilai posttest  mencapai 82,96. Maka dapat disimpulkan bahwa media canva berpengaruh pada hasil belajar Bahasa Indonesia kelas II SDN Tlogosari Kulon 01.




DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v13i1.15015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats