PENGEMBANGAN ASSESSMENT AWAL IPA SD BERBASIS STEM MATERI GELOMBANG CAHAYA DAN BUNYI PADA SISWA FASE C
Abstract
Pentingnya assessment awal sebelum merancang pembelajaran merupakan ciri dari kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan pengembangan assessment awal IPA berbasis STEM pada materi gelombang cahaya dan bunyi pada siswa fase C. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4-D (four-D Models). Validitas instrumen menggunakan Indeks Aiken dan RASCH Model dengan menggunakan aplikasi Winstep 3.73. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar dengan jumlah 122 yang terdiri dari 65 siswa perempuan dan 57 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 14 butir soal yang telah dikembangkan memiliki kategori sedang s.d tinggi melalui perhingan Indeks Aiken (0,8 s.d 0,85). Berdasarkan analisis RASCH Model, diperoleh nilai Measure (-1,73 s.d 1,40), nilai Model S.E (0,21 s.d 0,31), nilai Outfit MNSQ (0,60 s.d 1,34), nilai Outfit ZSTD (-1,4 s.d 1,6), nilai Pt Mean Correlation (0,4 s.d 0,56), reabilitas item dan person (0,61 dan 0,60) sedangkan Alpha Cronbach (0,68). Dapat disimpulkan bahwa 14 butir soal yang telah dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai assessment awal IPA pada fase C.
DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v13i1.15497
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com