PERAN SASTRA ANAK DALAM PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBAHASA PRODUKTIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Sastra anak berperan penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa produktif anak sekolah dasar. Sastra anak membantu mengembangkan kemampuan berbahasa dan berbahasa siswa, karena dengan membaca dan mendengarkan cerita, siswa dapat memperluas kosa kata, meningkatkan kemampuan berbicara dan memahami bahasa. Selain itu, sastra anak merangsang imajinasi dan kreativitas siswa, dengan bantuan karakter dan cerita yang menarik, siswa dapat berpikir di luar batas dan mengembangkan kreativitasnya. Sastra anak juga membantu mengembangkan empati dan pemahaman sosial siswa, melalui cerita siswa dapat merasakan dan memahami perasaan, kontradiksi dan perbedaan orang lain. Selain itu, sastra anak menyampaikan pesan moral dan nilai-nilai positif kepada siswa, mereka dapat mempelajari nilai-nilai seperti kejujuran, persahabatan, keberanian, dan kerja sama. Terakhir, sastra anak membantu siswa mengidentifikasi, memahami, dan menyelesaikan konflik. Melalui cerita, siswa dapat belajar bagaimana memecahkan masalah dan konflik secara positif. Dengan demikian, pemanfaatan sastra anak sebagai sumber bacaan dan metode pembelajaran menawarkan kepada siswa pengalaman yang menarik dan bermanfaat dalam pengembangan kemampuan berbahasa dan perkembangan kepribadian secara umum.
DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v13i1.15682
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com