MEMAHAMI KARAKTERISTIK SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Citra Kumala Waty

Abstract


Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memberikan penguatan kepada semua pendidik tentang betapa pentingnya memahami karakteristik siswa dalam kegiatan pembelajaran berdiferensiasi. Karakteristik siswa sekolah dasar berada pada tahap operasional kongkrit. Pada tahap ini pemikiran logis siswa masih sangat terikat pada fakta di lapangan, artinya siswa sudah mampu untuk berfikir secara logis matematis, akan tetapi masih terbatas pada objek kongkrit yang ada di sekitar lingkungan saja Siswa sekolah dasar memiliki karakteristik yang berbeda-beda meskipun berada pada usia perkembangan yang sama. Seorang pendidik harus memiliki kemampuan dalam memahami karakteristik siswa, selain itu pendidik juga memiliki kewajiban untuk membuat strategi pembelajaran yang tepat untuk memenuhi kebutuhan belajar setiap karakteristik siswa. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu strategi yang tepat untuk memahami karakteristik peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi memiliki tiga tahap dalam pelaksanaannya yaitu konten,proses, dan produk. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi alasan kuat bagi pendidik  untuk lebih memahami karakteristik siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.



DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v13i2.15769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats