PENINGKATAN MINAT BELAJAR IPAS MELALUI BLENDED LEARNING BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV B SDN KUTOWINANGUN 01 SALATIGA

Sri Dewi Utami, Wahyudi - -

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat belajar IPAS melalui blended learning berbasis project based learning, sehingga diharapkan peserta didik dapat tertarik dan memunculkan ide atau karya-karya baru dari pembelajaran yang telah dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu PTK ( Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan metode siklus. (Sugiyono, 2019) Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode siklus yang dimulai dari prasiklus, siklus I dan siklus II yang memuat 4 tahapan yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data berasal dari peserta didik dan guru kelas IV yang berjumlah 20 peserta didik terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini ialah data dari guru dan siswa, yang terbagi dari dua data yakni data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi minat belajar. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari nilai  tes dan dokumentasi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi, pengamatan, dan penugasan. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan blended learning berbasis PjBL nilai rata-rata minat belajar siswa meningkat dari 60,31% pada pra siklus, kemudian meningkat menjadi 72,4% dengan jumlah siswa tuntas ≥70% sebanyak 9 dari 20 siswa. Kemudian pada siklus II minat belajar siswa semakin meningkat dengan perolehan rata-rata presentase 85,42% dengan jumlah siswa tuntas ≥70% sebanyak 20 siswa. Hal ini dirasa sudah cukup memuaskan karena kriteria keberhasilan yang telah ditentukan sudah tercapai yaitu sebanyak 70% siswa mencapai taraf keberhasilan 70% (≤ skor 85,42%). Hasil kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas merefleksi bahwa penerapan blended learning berbasis PjBL sudah maksimal karena persentase rata-rata pada siklus II sudah mencapai 85,42% dimana skor tersebut sudah melebihi batas minimal pencapaian yang telah ditentukan.



DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v13i2.17048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats