PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SD KELAS V SDN KALONGAN 02 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG

nimas puspitasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media yang belum optimal sehingga berdampak terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V yang rendah. Dari permasalahan tersebut peneliti menggunakan media crossword puzzle karena dengan media ini suasana belajar menjadi menyenangkan dan keaktifan siswa meningkat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V. Latar belakang penelitian ini adalah Apakah Media Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas V SDN Kalongan 02  Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui Apakah Media Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas V SDN Kalongan 02  Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  dengan  subjek  penelitian  yaitu  peserta  didik  kelas  V SDN Kalongan 02  Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang yang berjumlah  32  orang.  Teknik  pengumpulan  data  penelitian  ini  adalah  teknik  tes dan non test.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  penggunaan  Media Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus 1 ke siklus 2 dengan besar peningkatan sebanyak 40%. Peningkatan hasil belajar ini juga didukung dengan peningkatan aktivitas siswa dalam penggunaan media Crossword Puzzle sebesar 0,76 dan peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan media Crossword Puzzle sebesar 1,12.  Berdasarkan hasil data tersebut penelitian yang dilakukan dinyatakan telah berhasil

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v13i2.18434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats