KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI REJOSARI 03 KOTA SEMARANG

abror khairul huda, fine reffiane, mei fita asri untari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA dan guru kelas belum menggunakan metode pembelajaran yang kreatif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah hasil implementasi model pembelajaran tebak kata efektif terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas III SD Negeri Rejosari 03 kota Semarang? Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran tebak kata terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas III SD Negeri Rejosari 03 kota Semarang. Jenis penelitian ini kuantitatif. Metode penelitian menggunakan True Experimental Design, dengan desain Posttest Control Group Design.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Rejosari 03 kota Semarang yang berjumlah 50 siswa. Data diperoleh melalui test yang digunakan untuk menguji siswa yaitu menggunakan test pilihan ganda.Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji t didapatkan thitung = 8,434 dikonsultasikan pada kriteria pengujian hipotesa dengan ttabel = 2,05. Untuk H1 dapat diterima jika thitung ≥ ttabel karena thitung = 8,434 > ttabel = 2,05 maka H1 diterima dan Ho ditolak. Hipotesis yang menyatakan model pembelajaran tebak kata efektif terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA siswa kelas III SD Negeri Rejosari 03 Kota Semarang dapat diterima keberadaannya. Pengajaran dengan menerapkan model pembelajaran tebak kata dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik hal itu dilihat dari nilai hasil rata-rata siswa, selain itu dapat menjadikan pengajaran lebih efektif karena siswa dapat memecahkan masalah tentang materi pelajaran yang diberikan.Saran untuk guru guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang tepat dan bervariasi sesuai dengan materi supaya dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dan hasil belajar meningkat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i2.3072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats