LAGU ANAK SEBAGAI PREVENTIF PERILAKU BULLYING

Ari Widyaningrum

Abstract


Penggunaan lagu anak dalam proses bersosialisasi tentunya berdampak pada proses perkembangan karakternya. Hal itu dikarenakan lagu merupakan salah satu cara untuk merangsang pikiran, sehingga anak dapat menerima materi pelajaran dengan baik. Selain merangsang pikiran, lagu anak juga dapat memperbaiki konsentrasi, ingatan, meningkatkan aspek kognitif, fisiologis, dan juga kecerdasan emosional. Musik mempengaruhi perasaan siswa yang akan berpengaruh pada proses perkembangan emosi. Sedangkan bullying artinya tindakan negatif berupa penindasan maupun intimidasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisa lagu anak sebagai preventif perilaku bullying. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Adapun yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah siswa, guru dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan pengisian angket. Hasil temuan menunjukkan Lagu anak yang beredar dipasaran memiliki karakter yang mendukung 4 teori utama perkembangan anak yang digunakan dalam penelitian ini, yakni : teori pematangan, teori psikoanalitik, teori belajar, dan teori kognitif. Pada lagu anak yang digunakan dalam penelitian, anak akan belajar tentang suatu hal yang termakna dalam sebuah lagu, mereka akan mencoba mendengarkan, membaca lirik lagunya, menghafal, meresapi dan memahami makna/nasehat yang terkandung dalam lagu. Simpulannya adalah Lagu anak merupakan suatu sarana edukasi yang menyenangkan (enjoyable) bagi anak yang sarat akan nilai-nilai karakter yang dapat dipahami dan diaplikasikan oleh anak atau peserta didik. Pembelajaran karakter menjadi lebih menarik dengan penggunaan musik yang populer dan mudah diingat oleh anak, meningkatkan motivasi menjadi karakter yang lebih baik. Dan kegiatan negatif seperti penindasan, kekerasan verbal dan non verbal maupun fisik berkurang dan dapat dihindari. Sehingga lagu anak dapat dijadikan sebagai media preventif dari tindakan bullying terutama dikalangan peserta didik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i2.3668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

 

Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats

marontoto

Bos88

link slot gacor

Luxury777

https://theroaddiaries.com/

jumpapegas88

situs slot gacor

slot88

situs toto

Batman138

Luxury111

toto slot

SLOT88

https://ppi.semenpadanghospital.co.id/app/

https://siskablu.gbk.id/api/data/

https://siakad.stikompoltekcirebon.ac.id/file/

https://bkd.jambikota.go.id/docs/

https://simpel.bpsdm.sultengprov.go.id/file/

https://simpellpk.pom.go.id/

https://unitaspalembang.ac.id/docs/

https://dpmptsp.jabarprov.go.id/app/

https://expo.unpar.ac.id/web/

slot gacor

sulebet

karatetoto

situs togel

toto slot

toto slot

istana911

Luxury777

Luxury138

slot pulsa

SV388

PGKING login

slot gacor

toto togel

aceh4d

slot thailand

tiger78

lion78

slot gacor situs303

citibet88

petir108

kongbet

jackpot108

slot88

samuraitoto

batmantoto alternatif

ceri123

RATUKIDUL88

Kembang128

kembang128

tuna128

jangkar128

turbo128

mesin228

orca128

Kembang128

Kembang128

turbo128

jangkar128

orca128

rawit128

kembang128

kembang128

mesin228

awan128

KOMET128

kembang128

Awan128