MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SD NEGERI BANGO 1 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Abstrak: Permasalahan pokok yang dibahas adalah ?óÔé¼?ôApakah model pembelajaran
kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika bagi siswa
kelas IV SD Negeri Bango 1 Demak pada semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012?óÔé¼?Ø. Data
penelitian diperoleh dengan metode tes dan metode observasi. Data yang telah
terkumpul dinyatakan berhasil bilamana ketuntasan prestasi belajar klasikal mencapai
85%.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari hasil penelitian di SD Negeri
Bango 1 Demak, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Siklus pertama
mempunyai ketuntasan belajar klasikal yaitu 70,83% dengan nilai rata-rata 65. Siklus
kedua mempunyai ketuntasan belajar klasikal yaitu 79,17% dengan nilai rata-rata
67,08. Siklus ketiga mempunyai ketuntasan belajar klasikal yaitu 87,50% dengan nilai
rata-rata 70,42. Hal ini dapat dikatakan berhasil karena ketuntasan belajar klasikal lebih
besar dari indikator keberhasilan yaitu 85%. Dengan demikian, model pembelajaran
kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa SD
Negeri Bango 1 Demak kelas IV semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, hasil belajar, matematika
kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika bagi siswa
kelas IV SD Negeri Bango 1 Demak pada semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012?óÔé¼?Ø. Data
penelitian diperoleh dengan metode tes dan metode observasi. Data yang telah
terkumpul dinyatakan berhasil bilamana ketuntasan prestasi belajar klasikal mencapai
85%.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari hasil penelitian di SD Negeri
Bango 1 Demak, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Siklus pertama
mempunyai ketuntasan belajar klasikal yaitu 70,83% dengan nilai rata-rata 65. Siklus
kedua mempunyai ketuntasan belajar klasikal yaitu 79,17% dengan nilai rata-rata
67,08. Siklus ketiga mempunyai ketuntasan belajar klasikal yaitu 87,50% dengan nilai
rata-rata 70,42. Hal ini dapat dikatakan berhasil karena ketuntasan belajar klasikal lebih
besar dari indikator keberhasilan yaitu 85%. Dengan demikian, model pembelajaran
kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa SD
Negeri Bango 1 Demak kelas IV semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, hasil belajar, matematika
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v2i1.490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:
Plagiarism checker by:
Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)
Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com