PEMBELAJARAN DIRECT INTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MATERI PERNAPASAN PADA SISWA KELAS V SDN 2 TIGAJURU KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA

Djariyo Djariyo, Joko Sulianto, Jumiati Jumiati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembeljaran secara umum, secara khusus bertujuan antara lain sebagai berikut: untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran Direct Instruction, aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam pengelolaan pembealjaran IPA materi pernapasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai analisis data diketahui nilai rata-rata pada siklus I: 58,5 Siklus II: 73,5 menjadi 81,5 pada siklus III. Aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkat, dari hasil siklus I mendapat skor rata-rata 1,5 kriteria kurang, pada siklus II mendapat skor rata-rata 2,5 kriteria cukup baik, dan pada siklus III mendapat skor rata-rata 3,6 kriteria sangat baik. Kemapuan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan pada tiap siklus. Terlihat dari dari siklus I rata-rata kemampuan guru cukup yaitu 2,5 menjadi 3,4 pada siklus II dalam kriteria baik dan pada siklus III meningkat menjadi 3,7 dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci : Direct Instruction , hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v2i1.491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats