EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MELALUI STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II SD NEGERI NGEMPON 02 KECAMATAN BERGAS, KAB. SEMARANG TAHUN 2011/2012

Hadi Soeroso, Fajar Cahyadi, Sri Nurhayati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa yang mengalami kesukaran dalam memahami pelajaran matematika, khususnya materi perkalian, sehingga banyak siswa yang beraggapan bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit. Oleh karena itu, perlu penerapan model STAD sebagai salah satu metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimana cara menerapkan model STAD dalam upaya meningkatkan hasil belajar materi pokok perkalian siswa kelas II SD Negeri Ngempon 02. (b) Bagaimana hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran STAD?. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa II SD Negeri Ngempon 02 yang berjumlah 30 siswa, yang terdiri dari 17 laki ?óÔé¼ÔÇ£ laki dan 13 perempuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran melalui STAD dan variabel terikat hasil belajar materi perkalian. Dengan melalui 2 siklus diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II materi perkalian dan keaktifan siswa. hasil belajar siswa dapat meningkat ditunjukan nilai rata ?óÔé¼ÔÇ£ rata pada siklus I adalah 64,7, siklus II 82,87. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I siswa yang tuntas belajar 17 siswa dan yang tidak tuntas 13 siswa, serta ketuntasan klasikal 56,67%. Siklus II yang yang tuntas belajar 27 siswa dan yang tidak tuntas 3 siswa, serta ketuntasan klasikal 90%. Hasil uji kompetensi siklus II lebih baik dari siklus I. Keaktifan siswa pun meningkat, hal ini ditunjukan keaktifan siswa pada siklus II > siklus I (75,2% > 66,6%), Hal ini tampak bahwa keaktifan siswa siklus II lebih Efektif dibanding siklus I. Melalui dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar materi perkalian siswa kelas 2 SD Negeri Ngempon 02.
KATA KUNCI : Model STAD, Pembelajaran dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v2i1.495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

 

Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats

marontoto

Bos88

link slot gacor

Luxury777

https://theroaddiaries.com/

jumpapegas88

situs slot gacor

slot88

situs toto

Batman138

Luxury111

toto slot

SLOT88

https://ppi.semenpadanghospital.co.id/app/

https://siskablu.gbk.id/api/data/

https://siakad.stikompoltekcirebon.ac.id/file/

https://bkd.jambikota.go.id/docs/

https://simpel.bpsdm.sultengprov.go.id/file/

https://simpellpk.pom.go.id/

https://unitaspalembang.ac.id/docs/

https://dpmptsp.jabarprov.go.id/app/

https://expo.unpar.ac.id/web/

slot gacor

sulebet

karatetoto

situs togel

toto slot

toto slot

istana911

Luxury777

Luxury138

slot pulsa

SV388

PGKING login

slot gacor

toto togel

aceh4d

slot thailand

tiger78

lion78

slot gacor situs303

citibet88

petir108

kongbet

jackpot108

slot88

samuraitoto

batmantoto alternatif

ceri123

RATUKIDUL88

Kembang128

kembang128

tuna128

jangkar128

turbo128

mesin228

orca128

Kembang128

Kembang128

turbo128

jangkar128

orca128

rawit128

kembang128

kembang128

mesin228

awan128

KOMET128

kembang128

Awan128

Awan128

awan128

awan128

awan128

toto

toto

orca128

kembang128

rawit128

Planet128