Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas II Tema 7 Kebersamaan SD Negeri 01 Tengengwetan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Nuniek Metika Sari, Sumarno Sumarno, Alimuddin Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran tematik kelas 2 tema 7 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SDN 01 Tengengwetan.

Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research), penelitian yang dilakukan terdiri atas tiga siklus dimana setiap siklus terdiri atas 2 kali pembelajaran adapun dalam setiap pembelajaran dilakukan beberapa tahap seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN 01 Tengengwetan, subyek penelitian yaitu siswa kelas II yang berjumlah 10 siswa. Obyek dalam penelitian ini yaitu peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran tematik tema 7. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan siswa pada pertemuan pertama siklus I sebesar 35%. Persentase keaktifan tersebut meningkat pada siklus II sebesar 44,32%, dan siklus III meningkat menjadi 63,12%. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas II SDN 01 Tengengwetan. Selain dengan menggunakan hasil observasi pada saat kegiatan pembalajaran berlangsung dilakukan juga sebagai hasil tolak ukur keberhasil penggunaan model pembelajaran dengan menggunakan hasil belajar di setiap siklusnya, adapun tingkat ketuntasan hasil belajar di siklus 1 sebesar ....., siklus 2 sebesar ....., dan siklus 3 sebesar....... Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran NHT sangatlah efektif dalam pembelajaran tematik dan efektif untuk mengaktifkan dalam hal percaya diri siswa.  . 

 

 Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Numbered Heads Together (NHT), Tematik



DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v11i1.8848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats