Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas II Tema 7 Kebersamaan SD Negeri 01 Tengengwetan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Nuniek Metika Sari, Sumarno Sumarno, Alimuddin Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran tematik kelas 2 tema 7 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di SDN 01 Tengengwetan.

Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (classroom action research), penelitian yang dilakukan terdiri atas tiga siklus dimana setiap siklus terdiri atas 2 kali pembelajaran adapun dalam setiap pembelajaran dilakukan beberapa tahap seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN 01 Tengengwetan, subyek penelitian yaitu siswa kelas II yang berjumlah 10 siswa. Obyek dalam penelitian ini yaitu peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran tematik tema 7. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan siswa pada pertemuan pertama siklus I sebesar 35%. Persentase keaktifan tersebut meningkat pada siklus II sebesar 44,32%, dan siklus III meningkat menjadi 63,12%. Berdasarkan uraian di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas II SDN 01 Tengengwetan. Selain dengan menggunakan hasil observasi pada saat kegiatan pembalajaran berlangsung dilakukan juga sebagai hasil tolak ukur keberhasil penggunaan model pembelajaran dengan menggunakan hasil belajar di setiap siklusnya, adapun tingkat ketuntasan hasil belajar di siklus 1 sebesar ....., siklus 2 sebesar ....., dan siklus 3 sebesar....... Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran NHT sangatlah efektif dalam pembelajaran tematik dan efektif untuk mengaktifkan dalam hal percaya diri siswa.  . 

 

 Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Numbered Heads Together (NHT), Tematik



DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v11i1.8848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

 

Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats

marontoto

Bos88

link slot gacor

Luxury777

https://theroaddiaries.com/

jumpapegas88

situs slot gacor

slot88

situs toto

Batman138

Luxury111

toto slot

SLOT88

https://ppi.semenpadanghospital.co.id/app/

https://siskablu.gbk.id/api/data/

https://siakad.stikompoltekcirebon.ac.id/file/

https://bkd.jambikota.go.id/docs/

https://simpel.bpsdm.sultengprov.go.id/file/

https://simpellpk.pom.go.id/

https://unitaspalembang.ac.id/docs/

https://dpmptsp.jabarprov.go.id/app/

https://expo.unpar.ac.id/web/

slot gacor

sulebet

karatetoto

situs togel

toto slot

toto slot

istana911

Luxury777

Luxury138

slot pulsa

SV388

PGKING login

slot gacor

toto togel

aceh4d

slot thailand

tiger78

lion78

slot gacor situs303

citibet88

petir108

kongbet

jackpot108

slot88

samuraitoto

batmantoto alternatif

ceri123

RATUKIDUL88

Kembang128

kembang128

tuna128

jangkar128

turbo128

mesin228

orca128

Kembang128

Kembang128

turbo128

jangkar128

orca128

rawit128

kembang128

kembang128

mesin228

awan128

KOMET128

kembang128

Awan128

Awan128

awan128

awan128

awan128

toto

toto

orca128

kembang128

rawit128

Planet128