PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN TEKS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 3 DI SD NEGERI DAMPYAK 02 KABUPATEN TEGAL

Sofiyana Rahmawati, Sumarno Sumarno, Alimuddin Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis ringkasan teks pada pembelajaran tematik kelas 3 dengan menggunakan model Quantum Teaching di SDN Dampyak 02.

Jenis penelitian yang dilaukakn yaitu penelitan tindakan kelas (classroom action research), penelitian yang dilakukan terdiri atas tiga siklus dimana setiap siklus terdiri atas 1 kali pembelajaran adapaun dalam setiap pembelajaran dilakukan beberapa tahap seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN Dampyak 02, subyek penelitian yaitu siswa kelas III yang berjumlah 14 siswa. Obyek dalam penelitian ini yaitu peningkatan keterampilan menulis siswa pada pembelajaran tematik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia (keterampilan menulis) siswa kelas III. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes kinerja menulis. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil dari siklus I dan siklus II dan III. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia (keterampilan menulis) siswa kelas III SDN Dampyak 02  Tahun Ajaran 2020/2021 sebesar 13%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata presentase hasil belajar Bahasa Indonesai (keterampilan menulis) siswa pada siklus 1 sebesar 36% dengan kriteria sedang menjadi sebesar 71% pada siklus III yang ada pada kriteria tinggi 100%. Dengan demikian penerapan model Quantum Teaching mampu meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia (ketrampilan menulis) siswa kelas III SDN Dampyak 02.

Kata Kunci: Quantum Teaching, hasil belajar bahasa Indonesia,(keterampilan menulis).




DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v11i1.8849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats