KEEFEKTIFAN MEDIA BOCI (BONEKA CITA-CITAKU) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS IV SD NEGERI KUTOSARI 1 KABUPATEN BATANG

Mei Fita Asri Untari, Ariestiyani Kartikawati

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini adalah keterbatasan?é?á media pembelajaran, siswa kurang aktif, siswa tidak memperhatikan guru dalam ?é?ákegiatan ?é?ápembelajaran yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa sehingga belum mencapai KKM. Permasalahan yang dikaji adalah ?óÔé¼?ØBagaimanakah Keefektifan Media BOCI (Boneka Cita-Citaku) Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Negeri Kutosari 1 Kabupaten Batang??óÔé¼?Ø. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media BOCI (Boneka Cita-Citaku) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Kutosari 1 Kabupaten Batang.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kutosari 1 Kabupaten Batang dengan jumlah 41 siswa. Sampel yang diambil adalah 41 siswa menggunakan teknik Sampling Jenuh. Desain penelitian menggunakan jenis control group pretest-posttest.

Berdasarkan hasil analisis data setelah mendapatkan perlakuan media BOCI (Boneka Cita-Citaku) pada sub tema hebatnya cita-citaku. Rata-rata hasil pre-test kelas kontrol sebesar 63,48 dengan kriteria cukup dan terdapat 15 siswa?é?á yang tidak mencapai KKM dan ?é?árata-rata post-test 84,24 dengan kriteria baik dan semua siswa mencapai KKM. Rata-rata hasil pre-test kelas eksperimen sebesar 64,55 dengan kriteria cukup dan terdapat 13 siswa yang tidak mencapai KKM dan ?é?árata-rata post-test diperoleh 88,35 dengan kriteria baik sekali dan semua siswa mencapai KKM. Hal ini dibuktikan hasil uji t yaitu thitung > ttabel yaitu 2,13 > 2,02. Dan berdasarkan ketuntasan belajar, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 88,35 telah mencapai KKM yaitu 70. Kriteria hasil belajar sub tema hebatnya cita-citaku kelas eksperimen yang meliputi aspek kognitif kriteria baik sekali, aspek psikomotorik kriteria baik dan aspek afektif?é?á kriteria baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media BOCI (boneka cita-citaku) efektif terhadap hasil belajar sub tema hebatnya cita-citaku kelas IV SD Negeri Kutosari 1 Kabupaten Batang.

Saran yang dapat peneliti sampaikan sebaiknya guru lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran kepada siswa salah satunya dengan menerapkan media BOCI (boneka cita-citaku).

?é?á


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v5i1.939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

MALIH PEDDAS (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Indexed by:

    

Plagiarism checker by:


Copyright of MALIH PEDDAS Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) ISSN 2088-5792 (Print), ISSN 2580-6513 (Online)

Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang

Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Email: malihpeddas@gmail.com

View Malih Peddas Stats