Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Alat Peraga Gaya Terhadap Pemahaman Konsep IPA Materi Gaya di SD Pangudi Utami
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Asih, W.W. & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Awang, I.S. (2015). Kesulitan Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Vox Edukasi, 6(2): 108-122.
Bulqini, A., & Wiyono, A. (2021). Contextual Teaching and Learning (CTL) Learning Model Using the Module for Futsal Courses, Department of Sports Training Education, Faculty of Sports Science, Surabaya State University. International Journal of Research and Education, 20(3): 542–549.
Dewi, P.Y.A., & Primayana, K.H. (2019). Effect of Learning Module with Setting Contextual Teaching and Learning to Increase the Understanding of Concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1): 19–26.
Dimyati, M. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dude, S. (2020). Contextual Teaching and Learning Model with Inquiry Method in Student Learning Outcomes. International Journal of Education and Learning, 6(1): 113–121.
Fauziah, U. 2021. Kontekstual (CTL, Contextual Teaching and Learning). Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD, 9(1): 84-96.
Ferinaldi, Sukur, & Irawati. 2022. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD 2 Merangin. Jurnal Mat-Edukasia, 7(1): 160-165.
Indrayadi, T., Yandri, H., & Kamil, D. (2020). The Effect of Contextual Teaching and Learning on Reading Comprehension. International Journal of Research and Education, 4(2): 101-112.
Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstul: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Adiatama.
Lestari, S. & Suryani, E. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis SETS Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV SD Hj. Isriati Moenadi Ungaran. Skripsi. Ungaran: Universitas Ngudi Waluyo.
Muhsam, J. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Contextua Tteaching Learning (CTL) Pada Materi Gaya Bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 3(2): 53-57.
Nurhadi. (2014). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nyimas, S. (2022). Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Sistem Informasi. Jurnal Ilmiah BINA EDUKASI, 4(2): 93-102.
Ruto, R., Anselmus, M., Maria, P.N., & Maria, K.O. (2021). Contextual Teaching and Learning Approach in Social Science: Its Role to Encourage Pupils' Cognitive Learning Achievement. International Journal of Research in Instructional, 1(1): 203-217.
Safitri, L.K.M., Wiwin P.H., & Ana Y.R.W. (2021). Faktor Penting dalam Pemahaman Konsep Siswa SD: Two-Tier Test Analysis. Jurnal Natural Science Educational Research, 4(1): 332-352.
Seprianty. (2018). Penggunaan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA sebagai Upaya Mengembangkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Karang Tinggi, Bengkulu Tengah. Jurnal PGSD, 11(2): 128-134.
Sudjana, N. (2014). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suryani, E, Rusilowati, A., & Wardono, W. (2016). Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Two-Tier Test melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. Journal of Primary Education, 5(1): 56-65.
Suryani, E. & Purwanti, K.Y. (2018). Profil Tingkat Pemahaman Konsep Cahaya Pada Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional & Workshop Hardiknas FKIP UKSW 2018.
Suryani, E, Putra, L.V., & Purwanti, K.Y. (2022). Peningkatan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa PGSD Universitas Ngudi Waluyo Semarang. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 5(2): 390-396.
Widiawati, N.P, Pudjawan, K., & Margunayasa, I.G. (2015). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SD Di Gugus II Kecamatan Banjar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v16i2.13026
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.